Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII.A SMP Hang Tuah Makassar

  • Syamsuriyawati Husema Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros
  • Rahmawati Rahmawati Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros
  • Nirfayanti Nirfayanti Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros https://orcid.org/0000-0002-4884-1162
Keywords: Kemampuan Metakognisi, Pemecahan Masalah Matematika, SMP Hang Tuah Makassar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII.A SMP Hang Tuah Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A dengan mengambil 3 orang siswa yang mewakili kelompok kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian dengan kemampuan tinggi dapat menyelesaikan soal yang diberikan, hampir semua indikator terpenuhi pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation). Untuk subjek dengan kemampuan sedang dalam pemecahan masalah tidak lebih baik dibanding kelompok tinggi saat merencanakan penyelesaian pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation). Kemudian untuk subjek dengan rendah dalam pemecahan masalah semua indikator tidak terpenuhi pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation).

References

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.188

Nurmalasari, L. R., Winarso, W., & Nurhayati, E. (2015). Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Nusantara of Research, 2(02), 133–147.

Putri, A. P., & Tayeb, T. (2017). Kemampuan Metakognisi untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII B MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a1

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Published
2021-06-04
How to Cite
Husema, S., Rahmawati, R., & Nirfayanti, N. (2021). Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII.A SMP Hang Tuah Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 60-66. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.943
Section
Pendidikan Matematika