Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep

  • Nurmahwati Nurmahwati Jakarta Intensif Learning Center (JILC), Cabang Pangkep
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muslim Maros
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Co-op Co-op, Matematika Statistika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan nonequivalent control grup design, dimana terdapat dua kelompok belajar. Kelompok eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op, dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian ini dianalsis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji t sebagai uji hipotesa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas kontrol adalah 73,59 dengan standar deviasi 7,243 sedangkan rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 82,69 dengan standar deviasi 8,177. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai sig (2-tailed) < ½ α (0,000 < 0,025) yang menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne, melalui perhitungan effect size cohen’s d diketahui bahwa besar pengaruhnya adalah 1,199 yang berada pada kategori tinggi dengan persentase 86% sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika peserta didik SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep.

References

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Erhadap, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperation in Education (Co-Op Co-Op) tarhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2, 19–26.

Maryanti, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op Dengan Pendekatan Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi tidak dipublikasikan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

__________. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyudi dan Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Diponegoro: Satya Wacana University Press.

Published
2020-06-25
How to Cite
Nurmahwati, N., & Rahmawati, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Minasate’ne Kab. Pangkep. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 41-49. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.575
Section
Pendidikan Matematika