Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. berdasarkan hasil penelitian penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hal ini didukung dengan rata-rata skor hasil belajar pada siklus I 73,90 meningkat menjadi 80,46 pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros mengalami peningkatan melalui model pembelajaran Problem Based Learning.
References
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers, hal. 132- 133, 201,224.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Copyright (c) 2020 Syamsuriyawati Husema
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.