Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Mandai

  • Ismail Ismail Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Maros
  • Ahdan Sinilele Universitas Muslim Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muslim Maros
Keywords: Contekstual Teaching and Learning, Konsep Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Mandai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Designed. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (Random Sampling) kelas yang terpilih adalah kelas VIII. A dan Kelas VIII. B, dengan jumlah 54 orang yang terdiri dari 27 orang untuk Kelas VIII. A yaitu sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning) dan 27 Orang untuk kelas VIII. B yaitu sebagai kelas Kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional). Data dianalisis menggunakan program SPSS dengan menggunakan uji t independen untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Mandai pada materi peluang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemehaman konsep matematika peserta didik pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol ditandai dengan p=0,00(1/2p< 0,025) dan besar pengaruh yang ditimbulkan setelah penerapan model Contekstual Teaching and Learning sebesar 91,9 %. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Mandai pada materi peluang.

References

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, 34–44. Retrieved from http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pld=40094&pRegionCode= UNES&pClientld=634

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasir, A.M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Nirfayanti, N., & Syamsuriyawati, S. (2019). Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Prezi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ruang. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 87-96.

Nur Hadi, Dk. (Ed.). (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL)dan penerapannya Dalam KBK. MALANG: UM PRES.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (13th ed.). Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. Kencana : Fajar Interpratama Mandiri.

Published
2019-12-26
How to Cite
Ismail, I., Sinilele, A., & Rahmawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Mandai. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 92-99. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/412
Section
Pendidikan Matematika