Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Siswa yang sangat termotivasi untuk berhasil lebih mungkin untuk berhasil jika dibandingkan dengan siswa dengan motivasi berprestasi rendah, mereka akan berpeluang lebih baik untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Selama proses pembelajaran, kontribusi motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangat diperlukan. Dengan motivasi belajar dapat mengembangkan aktivitas dan gagasan, dapat mengarahkan dan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa SMA di Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto untuk melihat pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi pada penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA di Kecamatan Lau Kabupaten Maros yang berjumlah 372 siswa, sedangkan untuk data sampel dalam penelitian ini sebanyak 194 siswa yang pengambilannya menggunakan metode Proporsional Random Sampling dan Rumus Slovin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi berprestasi siswa dan tes untuk pengumpulan data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa SMA di Kecamatan Lau Kabupaten Maros dengan kontribusi sebesar 8%.
References
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Djaali dan Murjono, Pudji. (2004). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.
Nas, S. (2019). Pengaruh Adversity Quotient, Motivasi Belajar, dan Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMPN se-kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Nurbaeti. (2020). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MA DDI Cambalagi.
Nurmuiza, I. dkk (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 113-122.
Sahidin, L. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212-223.
Sanjaya, W. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Santrok, John W. (2003). Adolescence-Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sappaile, B. I. (2007). Hubungan Kemampuan Penalaran Dalam Matematika Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 13(69), 985-1003.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Supriyadi, Teguh. Agung, Iskandar. Joko, Bambang Suwardi. Relisa. Irmayanti, Ais. Sofyatiningrum, Etty. (2017). Penyiapan Calon Guru dan Tenaga Kependidikan: Penyiapan Calon Guru Melalui Pendidikan Profesi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud. V, 58h.

Copyright (c) 2023 Rahmawati, Khaerani, Wahyuni Purnamasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.