Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Student Recap untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA Darussalam Barandasi
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui metode Student Recap. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan pada semester genap 2016/2017 di MA DARUSSALAM BARANDASI pada siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik statistik t (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Student Recap dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa siswa kelas X MA DARUSSALAM BARANDASI dikategorikan cukup baik. Secara umum, hasil belajar matematika siswa kelas X MA DARUSSALAM BARANDASI dengan menggunakan metode Student Recap berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 36,67%.
References
Darsono, Max. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung
Sudjana, Nana. (2009). Penelitian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Silberman, Melvin. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: NusaMedia.
Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Copyright (c) 2018 Khaerani, Yasmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.