Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Student Recap untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA Darussalam Barandasi

  • Khaerani Khaerani Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UMMA
  • Yasmin Yasmin SKB Jeneponto
Keywords: Efektifitas, Student Recap, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui metode Student Recap. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan pada semester genap 2016/2017 di MA DARUSSALAM BARANDASI pada siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik statistik t (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Student Recap dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa siswa kelas X MA DARUSSALAM BARANDASI dikategorikan cukup baik. Secara umum, hasil belajar matematika siswa kelas X MA DARUSSALAM BARANDASI dengan menggunakan metode Student Recap berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 36,67%.

References

Darsono, Max. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung

Sudjana, Nana. (2009). Penelitian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Silberman, Melvin. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: NusaMedia.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Published
2018-12-01
How to Cite
Khaerani, K., & Yasmin, Y. (2018). Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Student Recap untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA Darussalam Barandasi. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 30-34. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/62
Section
Pendidikan Matematika