Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Metematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros

  • Muh. Nawir Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Maros
  • Hj. Khaeriyah Universitas Muslim Maros
  • Syamsuriyawati Syamsuriyawati Universitas Muslim Maros
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Student Facilitator and Explaining, Efektivitas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pre-test and post-test group design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar matematika peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. Kriteria keefektifan pembelajaran matematika ditinjau dari 3 aspek yaitu: (1) Aktivitas Peserta Didik, (2) Respon Peserta Didik dan (3) Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros dengan sampelnya adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa bbservasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian dari analisis data deskriptif pada aktivitas peserta didik diperoleh nilai rata-rata 3,33 dalam skala penilaian masuk kategori baik/efektif. Pada respon peserta didik diperoleh nilai rata-rata 100% dalam skala penilaian masuk kategori baik/positif. Kedua kelompok tersebut, yaitu kelas kontrol (pretest) sebesar 34,16 dan posttest sebesar 82,24 sedangkan pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pretest) sebesar 39,20 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 86,88. Pada hasil analisis Uji Independen Sample T-Test diperoleh nilai = 0,000 ≤ 0,05. Sedangkan hasil perhitungan gain kelas eksperimen diperoleh gain 78,37. Artinya kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori efektif karena berada diatas 76. Pada kelas kontrol diperoleh gain 72,85. Artinya kelas kontrol juga mengalami peningkatan hasil belajar, namun berada pada kategori cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros efektif.

References

Jihad, Asep.Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo

Khaerani, K., & Yasmin, Y. (2018). Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Student Recap untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA Darussalam Barandasi. Equals, 1(1), 30-34. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/62

Nasir, A. Muhajir. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Nasir, A. M., Sari, I. E., & Yasmin, Y. (2019). Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(1), 22-32. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.1.2019.1246

Nasir, A. M., Upu, H., Ihsan, H. (2011). Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Jurnal Ecosystem, 16(3), 477–488

Nirfayanti, N., & Setyawan, D. (2018). Efektifitas Pembelajaran Program Linear Berbantuan Geogebra terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Nuraida, Ida (2014) Implementasi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Vol. (02) No. (01).

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Published
2019-12-26
How to Cite
Nawir, M., Khaeriyah, H., & Syamsuriyawati, S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Metematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 100-108. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/422
Section
Pendidikan Matematika