Pengaruh Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Geometri Peserta Didik Kelas X SMK Kebangsaan Indonesia Maros

  • Rezky Amaliah SMAS PGRI Maros Baru
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muslim Maros
  • A. Muhajir Nasir Universitas Muslim Maros https://orcid.org/0000-0002-1626-0646
Keywords: Information and Communication Technology (ICT), Geogebra, Hasil Belajar Geometri

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X SMK Kebangsaan Indonesia Maros pada materi geometri yakni 30 peserta didik (51,72%) dari 58 peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Peserta didik masih kesulitan memvisualisasikan dan mengeksplorasi bangun tiga dimensi dikarenakan mereka hanya menghafal karakteristik bangun tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar peserta didik setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam hal ini aplikasi geogebra pada materi geometri. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Kebangsaan Indonesia Maros. Sampel diambil sebanyak 26 orang dari 58 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling purposive. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam hal ini yang dinilai adalah aspek pengetahuan. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai Pretest 42,73 dengan standar deviasi 8,784 sedangkan rata-rata nilai Posttest 81,61 dengan standar deviasi 6,788. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,69 dari data hasil belajar termasuk kategori sedang. Berdasarkan Uji-t, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < dari yaitu 0,025 yang berarti ada pengaruh hasil belajar matematika peserta didik setelah diajar menggunakan pembelajaran berbasis Information and Communcation Technology (ICT) pada materi geometri, tes akhir juga memperlihatkan bahwa 23 dari 26 peserta didik (88,46%) telah mencapai KKM mata pelajaran matematika di SMK Kebangsaan Indonesia Maros.

References

Abdussakir. (2009). Pembelajaran Geometri dan Teori Van Hiele. (online) http: Abdussakir.wordpress.com diakses 17 november 2017 pukul 21.52.

Arikunto, Suharsimi. (1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dahar, R. W. (2006). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Darsono, Max, dkk. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Semarang : CV IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. Tersedia: www.Geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf.Diakses pada 17 november 2017 pukul 22.15.

Hamruni. (2010). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.

Husaini, U., & Purnomo, S.A. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jenny C. Aker, Christopher Ksoll and Travis J. Lybbert. The Impact of aMobile Phone Literacy Program on Educational Outcomes. ABC 123. Diakses pada 26 november 2017 pukul 21.05.

Kariadinata, R. (2010). Kemampuan Visualisasi Geometri Spasial Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Kelas X Melalui software Pembelajaran Mandiri. Jurnal Edukasi Matematika. ISSN : 2087-0523, volume 1 nomor 2, Nopember 2010.

Keller, Kevin Lane. (1998). Brand Equity. The Handbook of Technology Management, ed. Richard Dorf. CRC Pres Inc.

Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan Software Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam seminar LPM Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2011.

Nasir, A. Muhajir. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pengajaran Langsung yang Melibatkan Media Animasi. Jurnal Kompetensi, [S.I], v. 11, n. 1, p. 1-10. ISSN 1978-3264. Diakses pada 9 januari 2018 pukul 07.30.

Nasir, A. Muhajir. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta : Media Akademi.

Nasir, A. Muhajir. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Statistika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square pada Mahasiswa Semeseter II Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Kompetensi. 10.2 Hal. 61-66.

Nasir, A. Muhajir. (2013). Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat dalam Pembelajaran Matematika Kels VII SMP. Thesis. Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Nasution. (2012). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

NCTM. (2000). Principles and standards for School Mathematics. Virginia : The NCTM Inc.

Noraini. (2004). Teaching and Learning of Geometry : Problems and Prospects. Masalah pendidikan jilid 27, 165-178.

Partino, R, & Idrus, M. (2009). Statistik Deskriptif. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : PT Alfabeta.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Prenamedia

Sahabuddin. (2007). Mengajar dan Belajar cetakan ketiga.Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sudjana. (1989). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana & Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Penerbit Sinar Baru.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung : UPI.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Surya, Muhammad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suryabrata, Sumadi. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Tamimuddin, Muhammad & Nurul, Muda. (2013). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran: Pemanfaatan Software Aplikasi Geogebra. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.

Published
2020-12-25
How to Cite
Amaliah, R., Rahmawati, R., & Nasir, A. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Geometri Peserta Didik Kelas X SMK Kebangsaan Indonesia Maros. Equals, 3(2), 101-112. https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.758
Section
Pendidikan Matematika

Most read articles by the same author(s)