Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang sedang menempuh mata kuliah geometri dasar pada semester genap 2018/2019. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes dan angket motivasi. Analisis data awal digunakan untuk memeriksa normalitas data. Analisis akhir menggunakan uji one sample t-test dan uji n-gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain ternormalisasi motivasi belajar matematika mahasiswa berada pada kategori sedang dan terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa setelah diajar dengan menerapkan penggunaan mobile learning dalam pembelajaran geometri dasar.

References

Dai, D. Y., & Sternberg, R. J. (2004). Motivation, emotion, and cognition: Integrative perspectives on intellectual functioning and development. Routledge.

EL-Hussein, M. and Cronje, J. (2010). Defining Mobile Learning in the Higher Education Landcape. Education Technology & Society, 13 (3), 12-1.

Hernawan, H. (2017). Penggunaan Aplikasi Mobile Learning Berbasis HTML 5 untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 645–652.

Kusuma, Ade. (2011). E-Learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 14 (1), 35-51.

Nasir, A. M., Upu, H., & Ihsan, H. (2016). Penerapan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segiempat dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Jurnal Ecosystem, 16(3), 477–488.

Nirfayanti; Dedy Setyawan. (2018). Efektifitas Pembelajaran Program Linear Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 22–30. Retrieved from http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1047

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan.

Setyawati, Rina Dwi, dkk. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. LPPM Universitas PGRI Semarang. Diakses pada https://eprints.upgris.ac.id pada tanggal 6 Oktober 2018

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2019-06-04
How to Cite
Nasir, A. M., & Nirfayanti, N. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 34-41. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/191
Section
Pendidikan Matematika