Efektivitas Penggunaan Maple Terhadap Hasil Belajar Aljabar Linear II Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros

  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muslim Maros
  • Khaerani Khaerani Universitas Muslim Maros
Keywords: Efektivitas, Maple, Aljabar Linear II

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aljabar linera II dengan dan tanpa menggunakan Maple dalam pembelajaran, dan efektivitas penggunaan Maple dalam terhadap hasil belajar aljabar linear II . Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 pada mahasiswa jurusan pendidikan matematika semester IV dan VI yang berjumlah 44 orang.  Penitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan selama 8 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Maple dalam meningkatkan hasil belajar aljabar linear II lebih efektif dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Muchyidin, Arif. (2017). Modul Praktikum Pemodelan Matematika dengan Menggunakan Maple.IAIN Syekh Nurjati Cirebon.Press.

Sudjana, Nana. (2012). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suherman, Erman. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan, dengan Pendekatan Baru . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2019-06-25
How to Cite
Rahmawati, R., & Khaerani, K. (2019). Efektivitas Penggunaan Maple Terhadap Hasil Belajar Aljabar Linear II Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 18-22. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/200
Section
Pendidikan Matematika

Most read articles by the same author(s)