Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII.A SMP Hang Tuah Makassar
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.943Keywords:
Kemampuan Metakognisi, Pemecahan Masalah Matematika, SMP Hang Tuah MakassarAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII.A SMP Hang Tuah Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A dengan mengambil 3 orang siswa yang mewakili kelompok kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian dengan kemampuan tinggi dapat menyelesaikan soal yang diberikan, hampir semua indikator terpenuhi pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation). Untuk subjek dengan kemampuan sedang dalam pemecahan masalah tidak lebih baik dibanding kelompok tinggi saat merencanakan penyelesaian pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation). Kemudian untuk subjek dengan rendah dalam pemecahan masalah semua indikator tidak terpenuhi pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation).
References
Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.188
Nurmalasari, L. R., Winarso, W., & Nurhayati, E. (2015). Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Nusantara of Research, 2(02), 133–147.
Putri, A. P., & Tayeb, T. (2017). Kemampuan Metakognisi untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII B MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a1
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
