Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Spontaneous Group Discussion
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2511Keywords:
Aktivitas Belajar Siswa, Spontaneous Group DiscussionAbstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar matematika siswa melalui metode Spontaneous Group Discussion. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 2 SMA DDI Alliritengae yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan, 3 kali pertemuan adalah pelaksanaan tindakan dan satu kali pertemuan adalah mengisi angket respon siswa. Siklus I dan siklus II dilaksanakan 4 tahap, yaitu: (1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode Spontaneous Group Discussion pada siswa kelas XI IPA 2 SMA DDI Alliritengae. Hal ini terlihat pada meningkatnya skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I yaitu 60%, sedangkan pada siklus II yaitu 76%. Pada siklus I aktivitas siswa berada pada kategori aktif tapi masih di bawah target yang diinginkan yaitu 70% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II dengan melakukan refleksi yang terjadi pada siklus I, dan pada siklus II aktivitas siswa juga berada pada kategori aktif.
References
Hamran, Agung, E. A., & Hamriani. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Spontaneos Group Discussion (SGD) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 213 Lagoci Kabupaten Soppeng. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6594–6608
Hendriani, Y. (2018). Strategi Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Pustaka Pendidikan.
Rifai, A., & Lestari, H. P. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Spontaneous Group Discussion (SGD) dengan Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MIA di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(5).
Setiawati, M., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 12
Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 118-129.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sari, Syamsuriyawati, A. Muhajir Nasir, Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.