Efektivitas Penggunaan Bintang Ajaib Sebagai Alat Peraga Dalam Pemahaman Konsep Barisan Aritmatika Siswa kelas VII SMP YP PGRI 4 Makassar
Abstract
Salah satu ciri khas materi matematika adalah objek-objek yang dipelajari bersifat abstrak, hal ini menjadi salah satu penyebab siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan bintang ajaib sebagai alat peraga dalam pemahaman konsep barisan aritmatika siswa YP PGRI 4 Makassar. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pre-experimental designs yang berbentuk One Group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, dan observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep yang dilakukan, sebelum penerapan alat peraga tidak ada yang memperoleh nilai kategori tuntas, dan setelah diterapkannya alat peraga bintang ajaib 31 nilai siswa berada pada kategori tuntas. Dari hasil lembar observasi aktivitas siswa terjadi peningkatan aktivitas positif siswa di setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan alat peraga bintang ajaib efektif sebagai media pembelajaran pada materi barisan aritmatika.
References
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507
Fuadiah, N. F. (2016). Miskonsepsi Sebagai Hambatan Belajar Siswa Dalam Memahami Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP, 7(2), 87.
Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108
Kintoko, Yeni Dwi Kurino, E. S. (2020). Pengantar Media Pembelajaran Matematika. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. https://repository.upy.ac.id/4186/1/BUKU-MEDIA.pdf
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Copyright (c) 2024 Khaerani, Syamsuriyawati, Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.