Peningkatan Hasil Belajar Matematika Wajib dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Siswa Kelas XII SMAN 8 Takalar
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.771Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Matematika Wajib, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui peningkatan hasil belajar matematika wajib dengan penerapan model pembelajaran kooperatif siswa kelas XII SMAN 8 Takalar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui persentase ketuntasan klasikal dari tes awal (pre-test), siklus I, dan siklus II. Pada tes awal sebelum mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran matematika wajib, nilai rata-rata tes hasil belajar siswa mencapai 59,91. Selanjutnya pada tes hasil belajar siklus I meningkat menjadi 69,27. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 9,36. Kemudian pada tes hasil belajar siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 82,61. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 13,34. Sebelum diadakan perlakuan tindakan jumlah siswa yang mencapai indikator kriteria ketuntasan minimal (kkm) yakni ?72 adalah 14 orang siswa atau 42,42% sedangkan dilihat dari kegiatan siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai kkm meningkat menjadi 21 siswa atau 63,64%. Peningkatan juga terlihat pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai nilai kkm sebanyak 29 siswa atau 87,88%.
References
Ariwibowo, Eko; Ramelan. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Kompetensi Mengidentifikasi Komponen Sistem Bahan Bakar Bensin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 15 No.2. Hal: 87-91.
Fatwa, I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Pecahan. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 250 – 262, doi: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i2.553.
Khadijah, K., & Nursakiah, N. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Dalam Project Based Learning, Video Pembelajaran. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 99-109.
Latri, L., Juhari, A., Hermuttaqien, B. P. F., & Hartoto, H. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 169-179. https://doi.org/10.21067/jip.v10i2.5106
Legiman. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. LPMP D.I.Yogyakarta.
Mahmud, Priatna Tedi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung: Peneribt Tsabita.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Bandung. PT. Raja Grafindo Persada.
Setiowati, R. (2017). Pembelajaran Matemtika SMA. Artikel. http://eprints.mercubuana- yogya.ac.id/396/2/BAB%20II.pdf
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana.
