Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elementer

  • Sutamrin Sutamrin Universitas Negeri Makassar
  • Khadijah Khadijah STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: Project Based Learning, Berpikir Kritis, Video Pembelajaran Aljabar Elementer

Abstract

Kemampuan berpikir kritis penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif mahasiswa dan penting dimiliki oleh mahasiswa calon guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berusaha menemukan bagaimana kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika STKIP Pembangunan Indonesia dalam penerapan Project Based Learning berbentuk video pembelajaran untuk Mata Kuliah Aljabar Elementer. Teknik pengumpulan data dalam bentuk video, dokumentasi dan laporan proyek. Teknik analisis data file video pembelajaran dan laporan proyek berdasarkan indikator berpikir kritis, yaitu (1) memberikan penjelasan sederhana, (2) membangun keterampilan dasar, (3) membuat inferensi, (4) membuat penjelasan lebih lanjut, dan (5) mengatur strategi dan Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembuatan dan tampilan video pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa, proses berpikir kritis yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa adalah memberikan penjelasan sederhana (PS), membangun keterampilan dasar (KD), dan mengatur Strategi dan Teknik (ST). Namun kemampuan mengatur Strategi dan Teknik (ST) masih kurang, yang terlihat dari tampilan video pembelajaran yang masih kurang menarik. Kemampuan membuat inferensi (MI) dan memberikan penjelasan lebih lanjut (PL) juga perlu dikembangkan dan dilatihkan. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan Project Based Learning (PjBL) mampu mengasah kemampuan berpikir kritis mahasiswa baik kemampuan berpikir kritis dalam materi pembelajaran Aljabar Elementer, kemampuan berpikir kritis dalam menjelaskan materi pembelajaran, maupun kemampuan berpikir kritis dalam pembuatan video pembelajaran. Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk merancang metode pembelajaran berbasis proyek yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis.

References

Apsari, Y., Mulyani, E. R., & Lisdawati, I. (2019). Students’ Attitudes Toward Implementation of Project Based Learning. Journal Of Educational Experts (JEE), 2(2), 123. https://doi.org/10.30740/jee.v2i2p123-128

Asih, A. G., & Mursiti, S. (2018). Keefektifan Video Pembelajaran Etnosains Dalam Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Berpikir Kritis Siswa. Chemistry in Education, 7(2), 41–45.

Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2017). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 98. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106

Boso, C. M., van der Merwe, A. S., & Gross, J. (2021). Students’ and educators’ experiences with instructional activities towards critical thinking skills acquisition in a nursing school. International Journal of Africa Nursing Sciences, 14, 100293. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2021.100293

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Fatimah, S. (2018). The Effect of Project-Based Science Learning on PGSD Students’ Creative Thinking Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(2), 100–105.

Hardiyanto, W., & Santoso, R. H. (2018). Efektivitas PBL setting TTW dan TPS ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kritis dan self-efficacy siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.11127

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21

Khadijah, & Nursakiah. (2020). Khadijah & Nursakiah. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika, 12(1), 99–109. https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3916

Kurniawan, D. A., Maretika, L. D., Dasar, S., & Jambi, U. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Ipa Terhadap Calon Guru Sekolah Dasar Pgsd Fkip Universitas Jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(2), 41–49. http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/797

Muna, H., Nizaruddin, N., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas Xi. Aksioma, 8(2), 9. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686

Nasional, S., & Jasmani, P. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada. 5(1), 36–41.

Nugraheny, H., Edie, S. S., & Sutikno, S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Campuran Auditory, Intellectually, Repetition, dan Group Investigation dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kreativitas Berpikir. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 102–111. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33312

Rohana, R., & Wahyudin, D. (2017). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatifsiswa Sd Pada Materi Makanan Dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 235–243.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Septiasih, N. W. A. dkk. (2016). Penerapan Project Based Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–11.

Sk, S., & Halder, S. (2020). Critical thinking disposition of undergraduate students in relation to emotional intelligence: Gender as a moderator. Heliyon, 6(11), e05477. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05477

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018

Suryana, Y., Karlimah, & Apriani, I. F. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Pendidikan Matematika Untuk Mengembangkan Keterampilan Membuat Dan Menggunakan Media Belajar Matematika Sd. Jurnal Forum Didaktik, 1(2), 1–11.

Sutrisno, A., Mila, H., & Santoso. (2019). Perbedaan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan model problem based learning ( pbl ), project based learning ( pjbl ) dan inkuiri di smp negeri 24 bengkulu utara. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship, 6, 1–8.

Utari, R. S. (2019). Penerapan project based learning pada mata kuliah media pembelajaran di program studi pendidikan matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Vitantri, C. A. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Matakuliah Phb Untuk Mendukung Kompetensi Calon Guru Matematika (Project Based Learning in Assessment Lecture To Encourage the Competence of Perspective Teacher of Mathematics). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14.

Published
2021-06-03
How to Cite
Sutamrin, S., & Khadijah, K. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elementer. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 28-41. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.892
Section
Pendidikan Matematika