Penggunaan ChatGPT Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Analitik Ruang
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2427Keywords:
Berpikir Kritis, ChatGPT, Geometri Analitik Ruang, Mahasiswa, MasalahAbstract
Kemajuan AI dalam pendidikan membawa perubahan dan tantangan, serta menuntut kemampuan berpikir kritis untuk menghindari kesalahan informasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan ChatGPT terhadap berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah geometri analitik ruang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek terdiri dari 2 dari 24 mahasiswa yang dipilih untuk dideskripsikan. Pengumpulan data menggunakan instrumen masalah untuk mengeksplor berpikir kritis mahasiswa. Analisis data terdiri 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ChatGPT dapat mendorong berpikir kritis mahasiswa dilihat dari peningkatan skor berpikir kritis sebanyak 12,63. Lebih lanjut, mahasiswa merasakan manfaat ChatGPT dalam membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika serta membuat mereka untuk menggunakan pemikiran kritisnya. Penggunaan ChatGPT akan dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa yang berpikir kritisnya tinggi. Namun sebaliknya akan menjadi kekhawatiran pada mahasiswa yang berpikir kritisnya rendah. Mahasiswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi akan memanfaatkan ChatGPT dengan baik, mengevaluasi jawaban yang salah dan menyempurnakan yang benar. Sebaliknya, mahasiswa dengan pemikiran kritis rendah cenderung meniru jawaban tanpa verifikasi.
References
Arisoy, B., & Aybek, B. (2021). The Effects of Subject-Based Critical Thinking Education in Mathematics on Students’ Critical Thinking Skills and Virtues. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(92), 99–120. https://doi.org/10.14689/ejer.2021.92.6
Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Apporoaches. Third Edition. (9th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Elsayed, S. (2023). Towards Mitigating ChatGPT’s Negative Impact on Education: Optimizing Question Design Through Bloom’s Taxonomy. 2023 IEEE Region 10 Symposium, TENSYMP 2023. https://doi.org/10.1109/TENSYMP55890.2023.10223662
Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4
Frieder, S., Pinchetti, L., Griffiths, R.-R., Salvatori, T., Lukasiewicz, T., Petersen, P. C., Chevalier, A., & Berner, J. (2023). Mathematical Capabilities of ChatGPT. 1–29. http://arxiv.org/abs/2301.13867
Guo, Y., & Lee, D. (2023). Leveraging ChatGPT for Enhancing Critical Thinking Skills. Journal of Chemical Education, 100(12), 4876–4883. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.3c00505
Halaweh, M. (2023). ChatGPT in education: Strategies for responsible implementation. Contemporary Educational Technology, 15(2), ep421. https://doi.org/10.30935/cedtech/13036
Lo, C. K. (2023). education sciences What Is the Impact of ChatGPT on Education ? A Rapid Review of the Literature. Education Science (MDPI), January.
Mairing, J. P. (2017). Statistika Pendidikan: Konsep & Penerapannya Menggunakan Minitab dan Microsoft Excel. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mairing, J. P., Rizaldi, M., Pandiangan, P., & Lada, E. Y. (2024). Development of Problem , YouTube , and ChatGPT Learning Model to Improve Students ’ Proving Ability in Real Analysis. 15(1), 169–184.
Marbun, T. O. (2023). The Implementation of Artificial Intelligence, Chatgpt, And Critical Thinking Method for Academic Endeavors at Theological Higher Education. Journal Didaskalia, 6(2), 84–100. https://doi.org/10.33856/didaskalia.v6i2.309
Ratnawati, O. A., Artuti, E., & Pancarita, P. (2023). Proses Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Menggunakan Kerangka Kerja Teori Mason Berbantuan ChatGPT Pada Analisis Real II. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 61–68. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1814
Rizaldi, M., Hidayanto, E., & Rahardi, R. (2021). Berpikir Kritis Siswa Melalui Aktivitas Problem Posing dengan Konteks Masalah yang Tidak Masuk Akal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 191–198.
Rizaldi, M., Sasalia, P., & Pancarita. (2024). Efektivitas ChatGPT Untuk Mendorong Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 12, 168–181.
Sánchez-Ruiz, L. M., Moll-López, S., Nuñez-Pérez, A., Moraño-Fernández, J. A., & Vega-Fleitas, E. (2023). ChatGPT Challenges Blended Learning Methodologies in Engineering Education: A Case Study in Mathematics. Applied Sciences (Switzerland), 13(10). https://doi.org/10.3390/app13106039
Setiana, D. S., Purwoko, R. Y., & Sugiman. (2021). The application of mathematics learning model to stimulate mathematical critical thinking skills of senior high school students. European Journal of Educational Research, 10(1), 509–523. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.509
Sok, S. (2023). Opinion: Benefits and Risks of ChatGPT in Education. Https://Cambodianess.Com, March.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa Beta.
Tlili, A., Shehata, B., Adarkwah, M. A., Bozkurt, A., Hickey, D. T., Huang, R., & Agyemang, B. (2023). What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education. Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00237-x
van den Berg, G., & du Plessis, E. (2023). ChatGPT and Generative AI: Possibilities for Its Contribution to Lesson Planning, Critical Thinking and Openness in Teacher Education. Education Sciences, 13(10). https://doi.org/10.3390/educsci13100998
Walter, Y. (2024). Embracing the future of Artificial Intelligence in the classroom: the relevance of AI literacy, prompt engineering, and critical thinking in modern education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(1). https://doi.org/10.1186/s41239-024-00448-3
Zubaidah, R., Fitriawan, D., Munaldus, M., & Sulistyowati, E. (2024). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Socrates dengan Setting Kolaboratif dan Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 29–46. https://doi.org/10.46918/equals.v7i1.2082