Pemahaman Siswa Pada Materi Fungsi Eksponen Ditinjau Dari Teori APOS Di Kelas X MAN Kota Palangkaraya

  • Oktaviana Ainun Ratnawati Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Palangkaraya
  • Emy Artuti Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Palangkaraya
  • Jackson Pasini Mairing Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Palangkaraya
Keywords: Pemahaman, Fungsi Eksponen, APOS

Abstract

Hasil Ujian Nasional (UN) SMA pada mata pelajaran matematika di tahun 2018 mengalami penurunan yang sangat signifikan yaitu 4,67% dibandingkan dengan hasil UN di 2 tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa ditinjau dari teori APOS (Aksi, Proses, Objek, dan Skema) untuk mengetahui penyebab turunnya hasil UN dengan letak pemahaman siswa. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dilaksanakan di kelas X MIPA-5 MAN Kota Palangkaraya pada tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian 23 siswa dan diperoleh 3 siswa sebagai wakil subjek yang memenuhi kriteria pemilihan subjek. Urutan analisis data dimulai dari subjek berkemampuan sedang 2 siswa dan berkemampuan tinggi 1 siswa ditinjau dari teori APOS dan dilanjutkan dengan memetakan ke salah satu level dari triad perkembangan skema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan sedang (S18) hanya berada pada tahap Aksi, jika dipetakan pada teori triad perkembangan skema hasilnya subjek tidak masuk level manapun dari triad. Subjek dengan kemampuan sedang (S16) berada pada tahap aksi dan proses, jika dipetakan pada teori triad perkembangan skema hasilnya subjek berada di level intra (level 0). Subjek dengan kemampuan tinggi (S03) berada pada tahap aksi, proses, dan objek jika dipetakan pada teori triad perkembangan skema hasilnya subjek berada di level inter (level 1).

References

Artuti, E. (2019). Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tentang Grup Berdasarkan Teori APOS. SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika), ISBN. 978-623-7533-11-5, 50–57.

Bergsma, S., Lin, D., & Goebel, R. (2009). Unsupervised and Semi-Supervised Learning of English Noun Gender. CoNLL 2009 - Proceedings of the Thirteenth Conference on Computational Natural Language Learning, 120–128.

Chandra, F. E., Siskawati, F. S., & Lutfiah, H. (2019). Pentingnya Meningkatkan HOTS dan AQ Siswa Guna Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Guru SMKs AL-AKHYAR Wonokusumo Bondowoso. Jurnal Pengamas, 2(2), 95–103. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:WGn3_uxhkyMJ:https://core.ac.uk/download/pdf/287171459.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id

Dubinsky, E. (2002). Reflective Abstraction in Advanced Mathematical Thinking. Advanced Mathematical Thinking, 95–126. https://doi.org/10.1007/0-306-47203-1_7

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Jafar, Juliana, Anapit, D. ., & Rawal, M. (2017). Studi eksplorasi pemahaman siswa SMA terhadap konsep-konsep matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 251–258.

Maharaj, A. (2013). An APOS Analysis of Natural Science Students’ Understanding of Derivatives. South African Journal of Education, 33(1), 1–19. https://doi.org/10.15700/saje.v33n1a458

Nada, A. R. (2021). Higher Order Thinking Skills in Teacher Developed Test at 10th Grade Students of Senior Hight School 1 Canduang Higher Order Thinking Skills in Teacher Developed Test at 10th Grade Students of Senior Hight School 1 Canduang. Indonesian Journal of Learning Studies, 65–71. https://dmi-journals.org/ijls/article/view/28/22

Orhun, N. (2012). Graphical Understanding in Mathematics Education: Derivative Functions and Students’ Difficulties. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 679–684. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.551

Parraguez, M., & Oktaç, A. (2010). Construction of the Vector Space Concept from the Viewpoint of APOS Theory. Linear Algebra and Its Applications, 432(8), 2112–2124. https://doi.org/10.1016/j.laa.2009.06.034

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Tall, D. (1999). Reflections on APOS Theory in Elementary and Advanced Mathematical Thinking. 23rd Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 1(1), 40–55. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED436403.pdf#page=149

Toloie-eshlaghy, A., Chitsaz, S., Karimian, L., & Clarkhchi, R. (2011). A Classification of Qualitative Research Methods. Research Journal of International Studies, 20(20), 106–124.

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif (Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan).

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 163–172.

Yuliana, D., & Ratu, N. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Eksponen Berbasis Teori APOS pada Siswa SMA Theresiana Salatiga. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 51–65.

Published
2022-12-01
How to Cite
Ratnawati, O., Artuti, E., & Mairing, J. P. (2022). Pemahaman Siswa Pada Materi Fungsi Eksponen Ditinjau Dari Teori APOS Di Kelas X MAN Kota Palangkaraya. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 87-96. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1564