Optimalisasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Inkuiri
Keywords:
Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan Pembelajaran Berbasis InkuiriAbstract
Rendahnya pemahaman konsep siswa dalam belajar Matematika pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain yaitu faktor dari guru dalam menggunakan metode atau pendekatan pembelajaran kurang relevan yang cenderung bersifat memompakan informasi kepada siswa, belum bisa meningkatkan pemahaman konsep secara optimal, belum bisa meningkatkan kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran, dan juga belum bisa mengembangkan perilaku baik siswa yang terkait dengan perubahan pemahaman konsep yang perlu diteliti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus, diterapkan pada siswa kelas X1 di SMA DDI Maros pada semester ganjil tahun 2018/2019 melibatkan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep Matematika. Selain itu, pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran. Setelah diberi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri ternyata juga dapat mengembangkan perilaku baik siswa yang terkait dengan perubahan pemahaman konsep Matematika. Umumnya siswa yang berperilaku baik dan amat baik pemahaman konsepnya mayoritas juga meningkat nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebesar 70, selalu aktif, komunikatif, dan bergairah dalam belajar (belajarnya lebih baik dari sebelumnya).
References
Depdiknas. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum
Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
