Efektivitas Edpuzzle Berbantuan Video Interaktif dalam Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah
Keywords:
Edpuzzle, Literasi Sains, Video Interaktif, Peredaran Darah, BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Edpuzzle sebagai media video interaktif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMA pada materi sistem peredaran darah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental, yakni pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas XI SMA yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (menggunakan Edpuzzle) dan kelompok kontrol (metode konvensional). Literasi sains dalam penelitian ini diukur berdasarkan tiga aspek utama, yaitu pemahaman konsep biologis, penalaran dan interpretasi data ilmiah, serta aplikasi konsep dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor literasi sains dari rata-rata pretest 58,40 menjadi 84,13 pada posttest, atau meningkat sebesar 25,73 poin. Sementara itu, kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan dari 57,87 menjadi 58.93, dengan kenaikan sebesar 11,06 poin. Analisis per aspek menunjukkan bahwa pada aspek pemahaman konsep, peningkatan skor kelompok eksperimen adalah 8,90 dibandingkan 4,30 pada kelompok kontrol, aspek penalaran dan interpretasi data meningkat 9,50 pada kelompok eksperimen dan 4,20 pada kelompok kontrol, dan aspek aplikasi konsep meningkat 7,33 poin pada kelompok eksperimen dibanding 2,56 poin pada kelompok kontrol. Dari hasil ini menunjukkan peningkatan literasi sains yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Edpuzzle efektif dalam membantu siswa memahami konsep biologis yang kompleks secara lebih mendalam dan kontekstual. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran biologi berbasis teknologi untuk mendukung pencapaian literasi sains di jenjang SMA.