Pembelajaran Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Keanekaragaman Hayati

Authors

  • Citra Nur Cahyani Mahasiswa Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Author
  • Sumiyati Sa’adah Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Author
  • Milla Listiawati Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Author

Keywords:

Model Pembelajaran, Model CTL , Keanekaragaman Hayati

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa, baik dari segi moral, karakter, pengetahuan serta mengembangkan potensi yang dimiliki Namun pada kenyataannya, pembelajaran masih berpusat pada guru masih khususnya pada materi keanekaragaman hayati.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group. Populasi penelitian sebanyak 35 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Hasil analisis data menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran pada kelas dengan menggunakan CTL sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Dengan hasil analisis respons siswa pada kelas dengan menggunakan model CTL sebesar 80,56% dengan kriteria sangat baik.

Published

20-07-2025

How to Cite

Cahyani, C. N., Sa’adah, S., & Listiawati, M. (2025). Pembelajaran Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Keanekaragaman Hayati. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 2(1), 1-9. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/semnas/article/view/2779

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.