Pembelajaran Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Keanekaragaman Hayati
Keywords:
Model Pembelajaran, Model CTL , Keanekaragaman HayatiAbstract
Pendidikan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa, baik dari segi moral, karakter, pengetahuan serta mengembangkan potensi yang dimiliki Namun pada kenyataannya, pembelajaran masih berpusat pada guru masih khususnya pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group. Populasi penelitian sebanyak 35 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Hasil analisis data menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran pada kelas dengan menggunakan CTL sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Dengan hasil analisis respons siswa pada kelas dengan menggunakan model CTL sebesar 80,56% dengan kriteria sangat baik.