PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Mutiara Ara Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Universitas Muslim Maros
  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Muslim Maros
Keywords: google classroom, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 3 Maros. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kelas ekperimen diberi perlakuan dengan pemberian media pembelajaran Google Classroom sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakaan model pembelajaran biasa (Whatshapp). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 nomor  yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25 yang diajar dengan model Google Classroom pada kelas Eksperimen dengan nilai rata-rata =  81,97 dan standar  deviasi 74,53 sedangkan kelas Kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional yang nilai rata- rata 85,564 dan standar deviasi = 10,029. Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS Versi 23 uji t diperoleh diperoleh nilai sig sebesar  0,002 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa analisis hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Google Classroom  dan kelas yang menggunakan model pembelajaran biasa (whatsapp) di kelas XI SMA Negeri 3 Pangkep pada materi Sistem  Ekskresi.

References

Darmawan. Y. 2019. Penggunaan Aplikasi Google Calassroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Jurusan IPS. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muslik. A. 2019. Google Classroom sebagai alternatif digitalisasi pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Andragogi. Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Penelitian Dan Keagamaan, Volume 7 (2): 254- 267.

Nirfayanti & Nurbaeti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Proximal, 2 (1): 50-59.

Rikizaputra dan Sulastri, H. 2020. Penagruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Lectura (online), 11 (1): 106-118

Sabran & Sabara, E. 2019. Keefektifan Google Classroom sebagai media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 2 (1): 122-125.

Salamah, W. 2020. Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 4 (3): 533-538.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Surya. H. S, Ismayati. E. Imam. A.G. & Rijanto. T. 2020. Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 9 (3): 605-610

Soni, Hafid. A, Hayami. R, Fatma. F, Apri. F. W, Al. J. A, Fuad. E, Unik. M, Mukhtar. H & Hasanuddin. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Negeri, 2 (1): 1-7.
Published
2021-03-31
How to Cite
Ara, M., Lestari, P., & Nurhidayah, N. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Binomial, 4(1), 15-25. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.836

Most read articles by the same author(s)