Identifikasi Identifikasi ekosistem Laut di Pulau Langkai Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 43 Makassar

Rosdania, pertiwi Indah Lestari

Penulis

  • Rose Dania Am Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2412

Kata Kunci:

Kata kunci : ekosistem laut, Pulau Langkai, sumber belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ekosistem laut yang ada di Pulau Langkai yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar dan kesesuian hasil identifikasi ekosistem laut di Pulau Langkai dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 pada pembelajaran ekosistem. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa VII SMP Negeri 43 Makasssar yang terdiri dari 1 guru dan 9 siswa dengan teknik sampel jenuh. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi, yaitu wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Data dari hasil observasi, wawancara, dan angket menunjukkan bahwa terdapat 7 eksositem laut yang dapat dijadikan sebagai sember balajar di Pulau Langkai. Data kesesuaian ekosistem laut dengan kompetensi dasar yang diperoleh dari hasil angket menunjukkan dengan tingkat kesesuaian sebesar 98,62% dengan kriteria sangat sesuai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 ekosistem laut didapatkan sebanyak 4 ekosistem laut yang sesuai dengan kompetensi dasar berdasarkan kurikulum 2013.

Biografi Penulis

Pertiwi Indah Lestari, Universitas Muslim Maros

Pendidikan Biologi

Referensi

Alfansyur, Andarunsni., & Mariyani. (2020). Seni Mengolah Data: Penerapa Triangulasi, Sumber dan waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal kajian, penelitian & pengembangan Pendidikan Sejarah. Volume 5, Nomor 2, Hal. 146-150
Anjelia, Bella. (2018). Identifikasi kearifan Lokal di Sungai Musi provinsi Sumatera Selatan sebagai sumber belajar IPA SMP. Skripsi. Lampung: universitas Lampung.
Lestari, Asih. (2018). Identifikasi Kearifan Lokal di Sungai Way Kiri Kabupaten Tulang Bawang Barat sebagai Sumber Belajar IPA SMP. Jurnal Bioterdidik. Lampung: Volume 6, Nomor 4..
Pemerintah kota Makassar Dinas Pariwisata. (2021). Potensi Daya Tarik Wisata Alam Kota Makassar. Explore Makassar.
Ramadhan, Muhammad, Dr., S.Pd., M.M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rusdiarso, Bambang., R. Rijanta., Bambang Trihatmodjo., Masyumi. (2021). Pemikiran Guru Besar Universitas Gadjah Mada Menuju Indonesia maju 2045. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.
Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai Sumber Belajar dan Strategi untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan. Jurnal Bio Education. Volume 3, Nomor 2, hal. 29-72.
Syukur, Abdul., Idrus, A. A., & Zulkifli, L. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Ekosistem Lamun sebagai Inovasi Sumber Belajar IPA pada Guru dan Siswa di SMPN 1 Keruak Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Volume 5, Nomor 3, Hal. 376-380.
Wisudawati, Asih Widi., Eka Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diterbitkan

2024-10-01

Cara Mengutip

Am, R. D., & Lestari, P. I. (2024). Identifikasi Identifikasi ekosistem Laut di Pulau Langkai Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 43 Makassar: Rosdania, pertiwi Indah Lestari. Jurnal Binomial, 7(2), 34–41. https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2412

Terbitan

Bagian

Articles