Penerapan Strategi Gamifikasi Dalam Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 6 SMAN 4 Maros Pada Materi Sistem Ekskresi
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2414Kata Kunci:
Strategi gamifikasi, Hasil belajar, Sistem ekskresiAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi gamifikasi dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 4 Maros tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah divalidasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi gamifikasi dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi dengan pencapaian ketuntasan belajar dari kondisi awal pra siklus diperoleh 22,86% menjadi 65,57% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 77,14%. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi gamifikasi dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 4 Maros pada materi sistem ekskresi.
Referensi
Anderias Henukh, at.,all. 2020. Analyzing the Response of Learners to Use Kahoot as Gamification of Learning Physics. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Vol. 6, No. 1, hal. 72 https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.7108
Arde Magareta. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Gamifikasi Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Kelas X Pembelajaran Biologi Di SMA. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Iberahim, M. F., & Noor, N. M. 2019. Amalan Gamifikasi dalam Pengajaran dan Pemudahcaraan Guru-Guru Sekolah Rendah di Negeri Johor (Gamification Practices in Teaching and Learning among Primary School Teachers in Johor). Innovative Teaching and Learning Journal, Vol.3, No.2. hal 45
Isnawati, Alifah Ulfiatul, and Sofwan Hadi. 2021. Penerapan Gamifikasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Ma?arif Cekok.”ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Dan Sederajat, 2021, hal.207
Sanjaya. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media
Serly Wardana dan Endra M.G. 2019. Implementas gamifikasi berbantu media kahoot untuk meningkatkan aktivitas belajar, motivasi belajar dan hasil belajar jurnal penyesuaian siswa kelas X akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia Vol.17, No. 2, hal 46 - 57
Syafaruddin. 2020. Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1, No. 1, hal. 30-41.
Zuliana, E, Dewi, & Atip Nurwahyunani. 2017. Pembelajaran Outdoor Learning Pada Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Diunduh di: https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/alfa17/ALFA2017/paper/viewFile/1553/1507 tanggal 10 Desember 2023