PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Nur linda Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Universitas Muslim Maros
  • Sri Maya Universitas Muslim Maros
Keywords: Model Word Square, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Maros. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random yakni dari kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran word square dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional pada tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 item yang tervalidasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menujukkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran word square pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,66 dan standar deviasi 7.182 sedangkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 74,84 dan standar deviasi 8.180. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel (4,060 > 1,671). Sehingga hasil penelitian ini menujukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Maros.

References

Antonia, M., G. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SAINS SMAK Frateran Ndao Ende Pada Pokok Bahasan Sistem Saraf. Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/677/2/111434011_full.pdf

Kahar, K., Q. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Word Square Berbasis Android Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI IPA SMAN 2 sinjai. Skripsi. Makassar: Program Sarjana UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/16389

Kurniawati, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Lingkungan dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Negeri 04 Pedamaran Tahun Ajaran 2020/2021. Tesis. Palembang: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/12565/

Murti, W., Maya, S., & Lestari, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Pedoman Praktikum Ekologi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Binomial, 5(1), 13-24. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1240

Nur., M., I. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh dikelas XI MIPA 3 SMAN 2 Maros Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Maros: Program Sarjana Universitas Muslim Maros.

Pane, A., & Dasopang, M., D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu - Ilmu Keislaman. Volume: 3, Nomor:2, Halaman: 339. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/f/article/view/945

Purnama. E., A. 2018. Handout Matematika Berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Matematika. Volume: 1, Nomor: 1, Halaman: 75. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/article/view/1950

Rustaman & Nuryani. 2013. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.Sukarni, W. 2020. Uji Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C Dan VIII E SMPN 08 Kota Jambi. Jurnal Profesi Keguruan. Volume: 6, Nomor: 1, Halaman: 33. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/22806/10211

Suryani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Min 8 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan.http://repository.radenintan.ac.id/5657/1/SKRIPSI.pdf

Published
2022-09-29
How to Cite
linda, N., Lestari, P., & Maya, S. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Binomial, 5(2), 169-179. https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1514

Most read articles by the same author(s)