PENINGKATAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SMAN 2 WATAMPONE

  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Muslim Maros
Keywords: Aktivitas, Hasil belajar, Kooperatif STAD

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STADsiswa SMAN 2 Watampone kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMAN 2 Watampone dengan jumlah siswa 39 orang dan guru biologi sebagai pengajar.Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Data diperoleh dari dua instrumentberupa lembar observasi, digunakan untuk mencatat kegiatan yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung di kelas dan instrumen tes evaluasi hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda berjumlah 30 soal tiap siklus yang dilakukan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa meningkat dalam hal (1) mendengarkan dan memahami penjelasan guru,(2) kerjasama dalam kelompok, (3) mengajukan pertanyaan, (4) menjawab pertanyaan, serta aktivitas siswa yang menurun dalam hal (5) mengerjakan tugas mata pelajaran lain, (6) keluar masuk kelas,(7) mengangkat cerita di luar materi pelajaran. Nilai persentase siswa yang tuntas pada siklus I 41,03% menjadi 84,62% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

References

Basir, Wahyunia. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis Information, and Communication Technologi (ICT) di SMA Negeri 1 Sungguminasa.Skripsi. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Indrayani, Nur. 2009. Peningkatan Hasil Belajar pada Konsep Sistem Pencernaan melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis Information, Communication, and Technologi (ICT) pada Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Pangkep. Skripsi. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Mulyati. 2007. Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) sebagai Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Fiskal dan Moneter pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Boja Tahun Pengajaran 2006/2007. Skripsi. Semarang: Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Slavin, Robert E. 2008.Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Trianto.2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif Berorientasi-Progresif. Jakarta: Kencana.

Widyantini. 2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Published
2018-09-07
How to Cite
Nurhidayah, N. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SMAN 2 WATAMPONE. Jurnal Binomial, 1(1), 1-10. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/170