PENGARUH MEDIA “QUIZIZZ” DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Penulis

  • Nurul Sukma Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Universitas Muslim Maros
  • Rizki Amalia Nur Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/bn.v4i2.1042

Kata Kunci:

Quizizz, Hasil belajar biologi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan teknik Purpose sampling, sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas yaitu X MIPA 4 dan X MIPA 1. Pada pembelajaran materi perubahan lingkungan, satu kelas diajar dengan menggunakan media Quizizz terkhusus pada penutup pembelajaran, sedangkan kelas lainnya diberikan tugas dalam bentuk resume pada penutup pembelajarannya. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 item yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan uji Shapiro-wilk untuk uji normalitas, dan univariate of variance untuk uji homogenitas. Selanjutnya untuk uji hipotesis menggunakan uji T Test, sedangkan untuk peningkatan hasil belajar menggunakan uji N-gain. Setalah dilakukan  pengujian diperoleh perbandingan peningkatan hasil belajar lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,399 > ttabel 1,697. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA SMAN 3 Maros.

Referensi

Aluisus, S N. (2020). Implemetasi penggunaan media quizizz pada kegiatan penutup pelajaran pengantar akuntansi materi jurnal penyesuaian dikelas X AKKL 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Yogyakarta: Universitas sanata dharma https://repository.usd.ac.id/3785/

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi infromasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Jurnal Online of cetta, 03 (2): 1-14. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/452

Darwis M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran, IAIN Padangsidimpuan, 3, (2): 45-60. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/0

Irawati, M. (2018). Profil minat & hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta pada pokok bahasan penyajian data dengan menggunakan media pembelajaran kahoot. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/10555

Irnaningtyas. (2015). BIOLOGI untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Bandung: Erlangga.

Mamin, R & Arif, N. (2018). Efektivitas media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah ipa sekolah. Jurnal prosiding edisi 5. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8975

Mulyani, W. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep implus dan momentum. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/26232/3/WIWI%20
MULYANI-FITK.pdf

Rianingtias, O. (2019). Pengembangan game edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran biologi bernuansa motivasi siswa kelas XI di SMA/MA. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/6304/

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di kabupaten banjarnegara. Online Jurnal Of Elemntry School, 07. Nomor 02. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet, CV.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. . Bandung: Alfabet, CV.

Unik H.S, Iefone S.H, Isti L.A, Nur A.I, Salsabila D. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2):1-14 https://online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/view/11605

Yoselia, A. K. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring (online) fisika pada materi usaha & energi kelas X Mipa di SMA Masehi Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.https://repository.usd.ac.id/37682/

Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun pelajaran 2019/2020.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view
/34508

Diterbitkan

2021-09-27

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH MEDIA “QUIZIZZ” DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. (2021). Jurnal Binomial, 4(2), 154-166. https://doi.org/10.46918/bn.v4i2.1042

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama