Pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Maros Baru

  • Dedy Setyawan Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros
  • Arnianti Amir SMPS PERGIS Maros
Keywords: Pengaruh Kemampuan Numerik, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negerin 11 Maros Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkenaan dengan 1)Kemampuan numerik peserta didik kelas VII SMP Negerin 11 Maros Baru 2)Hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negerin 11 Maros Baru 3) Pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negerin 11 Maros Baru. Pendekatan penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Negerin 11 Maros Baru yang berjumlah 133 yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel yang akan diteliti adalah 133 siswa melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan numerik dan dokumentasi hasil belajar matematika. Selanjutnya, teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial, dimana untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif, untuk kemampuan numerik diperoleh nilai rata-rata 76,4 berada pada kategori sedang dari 133 sampel diperoleh nilai terendah 57, nilai tertinggi 96, dan untuk hasil belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 60,13 berada pada kategori rendah dari 133 sampel diperoleh nilai terendah 12 dan nilai tertinggi 92. Adapun hasil analisis statistik inferensial (Regresi Linear Sederhana) diperoleh ???????????? < ???? (0,007 < 0,05 Dengan demikian dapat disimpulkn bahwa kemampuan numerik berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik.

References

Irawan, A. (2016). Peranan Kemampuan Numerik dan Verbal dalam Berpikir Kritis Matematika pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. AdMathEdu | Vol.6 No.2 , 122.

Jayantika, I. G. (2013). Kontribusi Bakat Numerik,Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha , 2. Volume 2

Rahmatullah. (2016). Teknik Penyususnan Instrumen Penelitin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sogog. (1995). Pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Dimensi.Tiga.Semarang Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo

Suratmi, (1994). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika. Bandung: alfabeta

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2020-12-23
How to Cite
Setyawan, D., & Amir, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Maros Baru. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 85-94. https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.757
Section
Pendidikan Matematika