Model Pembelajaran Index Card Math dan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Ernawati Ernawati Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Dedy Setyawan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Kasmiati Kasmiati Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros
Keywords: Model Pembelajaran Index Card Math, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen untuk melihat apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 4 Maros pada materi persamaan linier dan pertidaksamaan satu variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah peserta didik dari dua kelas di SMAN 4 Maros yaitu kelas X MIPA 1 dan MIPA 2. Implementasi model pembelajaran kooperatif Index Card Math diterapkan pada kelas X MIPA 1 dan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) pada kelas X MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes uraian yang sudah valid oleh tim validator. Peserta didik kelas Eksperimen I diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Model Index Card Math memiliki nilai rata-rata 86,94 dan simpangan baku 7,954, sedangkan peserta didik kelas Eksperimen II diajar dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) memiliki nilai rata-rata 90,83 dan standar deviasi 8,484. Dari hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa Ho diterima dan H1 ditolak dengan nilai sig sebesar 0,265 > 0,05 sehingga tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Index Card Math dan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

References

Abdulhak, I, (2001). Komunikasi pembelajaran pendekatan konvergensi dalam peningkatan kualitas dan Efektivitas Pembelajaran. UPI. Bandung.

Ahmadi, dkk. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rekacipta, hlm.206

Anas Sudijono. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo persada, hlm.228

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu: Research Dan Learning in Elementary Education, 3(4), 1047– 1054.

Bali, M. M. E. I. (2019). Bingo Games Method Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta didik Memecahkan Masalah Belajar Matematika. KEGURU : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 48-59.

_____ . (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pembelajar. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29-42.

Darmayasa, I.W.G.S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PKn. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1 (hlm. 1-10).

Erly Wahyu Akhadiyah Al ‘ifah. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Segitiga pada Peserta didik Kelas VII-D SMP Islam Gandusari Trenggalek. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/.

Hake, B. J. (1999). Lifelong learning in late modernity: The challenges to society, organizations, and individuals. Adult education quarterly, 49(2), 79-90

Nasir, A. Muhajir. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi

Nasir. A. Muhajir. (2018). Modul Pelatihan SPSS. Workshop Penyusunan Hasil Penelitian, hal. 79.

Nurdyansyah, N., & Andiek, W. (2016). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Nizamia Learning Center.

Rakhmanti, M. (2014). Pengaruh keaktifan peserta didik dalam kegiatan Ekstrakurikuler dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik TERHADAP Prestasi Belajar Peserta Didik Program Keahlian Teknik bangunan SMK Negeri 2 Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sulisworo, Dwi. (2014). The Effect of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. Yogyakarta. International Journal of Learning & Development. http;//www.macrothink.org

Venna Deski Arienta, Firman, Y. K. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta didik Dalam Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, (1), 1–8.

Wahyuni. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta didik dengan Menggunakan Strategi Student Led Review Session dengan Metode Konvensional di SMP Muhammadiyah 57 Medan.

Yuniantika, Defi, and Esti Harini. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SD N Wirokerten. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4, no. 2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2241

Published
2022-06-10
How to Cite
Ernawati, E., Lestari, P., Setyawan, D., & Kasmiati, K. (2022). Model Pembelajaran Index Card Math dan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 55-63. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1305