Analisis Kemajuan Kemampuan Dasar dalam Pembelajaran Aljabar Linear Lanjut Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2512

Keywords:

Kemampuan Dasar, Aljabar Linear Lanjut, Kasus Pembelajaran Matematika, Analisis Kemajuan

Abstract

Mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan dasar suatu konsep menjadi tujuan pembelajaran di perguruan tinggi. Kemampuan dasar mahasiswa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan lanjutannya. Oleh karena itu, kemajuan kemampuan dasar dianggap sebagai variabel penting dalam proses pembelajaran. Pentingnya kemampuan dasar ini, mengarahkan kita untuk mencari tahu apakah kegiatan perkuliahan yang diberikan kepada mahasiswa mengarahkan mereka untuk mengembangkan dengan baik kemampuan dasar tersebut? Di dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan dasar suatu konsep khususnya konsep Aljabar Linear Lanjut, dan instruksi yang mendukung pembelajaran kemajuan kemampuan dasar Aljabar Linear Lanjut. Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan subjek penelitian yaitu 3 orang mahasiswa semester 5 pada program studi pendidikan matematika. Analisis kuantitatif menggunakan N-Gain untuk mengukur kemajuan kemampuan dasar subjek, serta analisis kualitatif terhadap hasil tugas dan proyek pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat kemajuan kemampuan dasar Aljabar Linear Lanjut, terdapat 67 % mahasiswa yang sudah mencapai Level 3, yaitu tingkat analisis mendalam. Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana bentuk vektor yang memenuhi aksioma sehingga termasuk dalam ruang vektor umum, bagaimana subruang-subruang vektor, memahami mengapa dimensi memiliki sifat-sifat tertentu, dan bagaimana vektor yang bergantung linear dapat menjadi vektor yang bebas linear.

References

Ahmad, D., Tasman, F., Rifandi, R., Al Aziz, S., & Winanda, R. S. (2021). Modul Berbasis Logika Pembuktian untuk Mengurangi Level Abstraksi Topik Grup dan Sifat-Sifatnya. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 33–40. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/573

Ahmad, S. S., Shaari, M. F., Hashim, R., & Kariminia, S. (2015). Conducive Attributes of Physical Learning Environment at Preschool Level for Slow Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 201(February), 110–120. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.138

Baist, A., Amarullah, A., Safitri, P. T., & Enawar. (2020). The Use of Computational Mathematics Teaching Materials aided Mathematica Software in Vektor Algebra Course. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/2/022013

Djamilah, S., Hidayati, R., & Ikrima. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Statistika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 36–44.

Faulina, M., & Andriyani, A. (2020). Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Pemahaman Sudut Pada Siswa Tunanetra. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 156–168.

Hardjo, F. N., Permanasari, A., & Permana, I. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 7 Melalui Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Energi. Journal of Science Education and Practice, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i2.1393

Imaculata, M., Syam, M., & Haryanto, Z. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Impuls dan Momentum di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 63–72. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.355

Khadijah, K., HR, I. S., & Sutamrin, S. (2022). Partisipasi Online dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) pada Matakuliah Pengantar Teori Fuzzi. In EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (Vol. 5, Issue 1, pp. 34–45). https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1237

Kriswandani, K., & Kusuma, D. (2022). Proses Berpikir Refraktif Mahasiswa Bergaya Kognitif Intuitive Dalam Menyelesaikan Masalah Kompleks. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9(2), 61. https://doi.org/10.26714/jkpm.9.2.2022.61-75

Kusuma, A. C., & Mujiono, D. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(2), 102–114. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.102-114

Priss, U. (2020). A preliminary semiotic-conceptual analysis of a learning management system. Procedia Computer Science, 176, 3702–3709. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.017

Santoso, E. A., & Suyono, S. (2021). Development of Structured Assignment Sheet in Reaction Rates Material To Train Science Process Skills. Chemistry Education Practice, 4(2), 135–141. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2312

Umar, W., & Usman, H. (2021). Pengembangan Pembelajaran Abad 21 Berbasis Hots Matematis Melalui Strategi Mathematical Habits Of Mind. Jurnal Sains, Sosial Dan Humaniora (Jssh), 1(2), 37–44. https://doi.org/10.52046/jssh.v1i2.937

Yusrina, S. L. (2018). PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Downloads

Published

05-12-2024

How to Cite

Nasrullah, N., Khadijah, K., & Liani, A. M. (2024). Analisis Kemajuan Kemampuan Dasar dalam Pembelajaran Aljabar Linear Lanjut Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 119-129. https://doi.org/10.46918/equals.v7i2.2512