Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Metode Numerik

Keywords: Efikasi Diri, Pembelajaran Jarak Jauh, Metode Numerik

Abstract

Efek dari pembelajaran online dan atau pembelajaran jarak jauh setelah kondisi dunia yang membaik setelah Covid-19 yaitu masih dilanjutkannya metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk mengoptimalkan pembelajaran, perlu adanya analisis hal yang mempengaruhi PJJ khususnya dalam mata kuliah Metode Numerik, salah satunya yaitu efikasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mata kuliah Metode Numerik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang mengkaji pengaruh efikasi diri mahasiswa (X) terhadap hasil pembelajaran jarak jauh (Y) dalam mata kuliah Metode Numerik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas MIPA UNM Makassar yang memprogramkan mata kuliah Metode Numerik. Sampel penelitian ini adalah 28 mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Metode Numerik pada semester genap dengan pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki keyakinan atau efikasi diri sebesar rata-rata 77% yakin akan kompetensinya dalam mempelajari Metode Numerik walaupun kondisi pembelajaran jarak jauh dan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 83,7857. Berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara efikasi diri terhadap hasil Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam mata kuliah Metode Numerik. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,463. Efikasi diri berkontribusi sebesar R2= 21,4% terhadap hasil pembelajaran jarak jauh dalam mata kuliah Metode Numerik. Karena itu, perlu adanya strategi untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung lebih optimal walaupun dalam kondisi pembelajaran jarak jauh.

References

Agus, Imaludin. (2019). Efektivitas Guided Discovery Menggunakan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi, Dan Self-Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6(2):120–32. doi: 10.21831/jrpm.v6i2.14517.

Aquino, M., M. Negreanu, and A. M. Vargas. (2022). A Meshless Numerical Method for a System with Intraspecific and Interspecific Competition. Engineering Analysis with Boundary Elements 145 (August): 242–57. doi: 10.1016/j.enganabound.2022.09.005.

Chang, Tsai Yu, Ming Lun Hsu, Jae Sung Kwon, MF Lindawati S. Kusdhany, and Guang Hong. (2021). Effect of Online Learning for Dental Education in Asia during the Pandemic of COVID-19. Journal of Dental Sciences 16(4):1095–1101. doi: 10.1016/j.jds.2021.06.006.

Huang, Daniel, Muhammad M. Qureshi, and Ariel E. Hirsch. (2021). Correlation Between Research Productivity During Medical School and Radiation Oncology Residency. International Journal of Radiation Oncology*Biology*Physics 111(1):e17. doi: 10.1016/j.ijrobp.2021.05.167.

Jansen, Renée S., Anouschka van Leeuwen, Jeroen Janssen, Suzanne Jak, and Liesbeth Kester. (2019). Self-Regulated Learning Partially Mediates the Effect of Self-Regulated Learning Interventions on Achievement in Higher Education: A Meta-Analysis. Educational Research Review 28(September):100292. doi: 10.1016/j.edurev.2019.100292.

Khadijah, Iwan Setiawan HR, and Sutamrin. (2022). Partisipasi Online Dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) Pada Mata kuliah Pengantar Teori Fuzzi. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5(1):34–45.

Novferma, Novferma. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3(1):76–87. doi: 10.21831/jrpm.v3i1.10403.

Nzomo, Christine, Peter Rugano, John Njoroge Mungai, and Ciriaka Gitonga Muriithi. (2023). Inquiry-Based Learning and Students’ Self-Efficacy in Chemistry among Secondary Schools in Kenya. Heliyon 9(1):0–9. doi: 10.1016/j.heliyon.2022.e12672.

Pérez-aracil, Jorge, Alejandro Mateo Hernández-díaz, Cosmin Madalin, and Sancho Salcedo-sanz. (2023). Improving Numerical Methods for the Steel Yield Strain Calculation in Reinforced Concrete Members with Machine Learning Algorithms. Expert Systems With Applications 225(December 2022):119987. doi: 10.1016/j.eswa.2023.119987.

Pimentel-García, Ernesto, Lucas O. Müller, Eleuterio F. Toro, and Carlos Parés. (2023). High-Order Fully Well-Balanced Numerical Methods for One-Dimensional Blood Flow with Discontinuous Properties. Journal of Computational Physics 475:111869. doi: 10.1016/j.jcp.2022.111869.

Ruggieri, Stefano, Melissa Gagliano, Rubinia Celeste Bonfanti, Nicla Cucinella, and Sonia Ingoglia. (2023). Interaction through Social Media: Development and Validation of a Social Network Site Self-Efficacy Scale (SNS-SES). Acta Psychologica 235(October 2022). doi: 10.1016/j.actpsy.2023.103889.

Sihaloho, Lasmita. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 4(1):62. doi: 10.22219/jinop.v4i1.5671.

Utami, Ratna Widianti, and Dhoriva Urwatul Wutsqa. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4(2):166. doi: 10.21831/jrpm.v4i2.14897.

Yang, Yufang, and Nina Chiulan Lin. (2010). Internet Perceptions, Online Participation and Language Learning in Moodle Forums: A Case Study on Nursing Students in Taiwan. Procedia - Social and Behavioral Sciences 2(2):2647–51. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.388.

Yates, Shirley M. (2002). The Influence of Optimism and Pessimism on Student Achievement in Mathematics. Mathematics Education Research Journal 14(1):4–15. doi: 10.1007/BF03217113.

Yekefallah, Leili, Peyman Namdar, Rahman Panahi, and Leila Dehghankar. (2021). Factors Related to Students’ Satisfaction with Holding e-Learning during the Covid-19 Pandemic Based on the Dimensions of e-Learning. Heliyon 7(7):e07628. doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e07628.

Published
2023-06-03
How to Cite
Sutamrin, S., & Khadijah, K. (2023). Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Metode Numerik. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 33-41. https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1777