Peningkatan Hasil Belajar Matematika Wajib dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Siswa Kelas XII SMAN 8 Takalar

  • Inayanti Fatwa Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pembangunan Indonesia
  • Khadijah Khadijah Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Matematika Wajib, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui peningkatan hasil belajar matematika wajib dengan penerapan model pembelajaran kooperatif siswa kelas XII SMAN 8 Takalar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui persentase ketuntasan klasikal dari tes awal (pre-test), siklus I, dan siklus II. Pada tes awal sebelum mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran matematika wajib, nilai rata-rata tes hasil belajar siswa mencapai 59,91. Selanjutnya pada tes hasil belajar siklus I meningkat menjadi 69,27. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 9,36. Kemudian pada tes hasil belajar siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 82,61. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 13,34. Sebelum diadakan perlakuan tindakan jumlah siswa yang mencapai indikator kriteria ketuntasan minimal (kkm) yakni ≥72 adalah 14 orang siswa atau 42,42% sedangkan dilihat dari kegiatan siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai kkm meningkat menjadi 21 siswa atau 63,64%.  Peningkatan juga terlihat pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai nilai kkm sebanyak 29 siswa atau 87,88%.

References

Ariwibowo, Eko; Ramelan. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Kompetensi Mengidentifikasi Komponen Sistem Bahan Bakar Bensin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 15 No.2. Hal: 87-91.

Fatwa, I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Pecahan. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 250 – 262, doi: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i2.553.

Khadijah, K., & Nursakiah, N. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Dalam Project Based Learning, Video Pembelajaran. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 99-109.

Latri, L., Juhari, A., Hermuttaqien, B. P. F., & Hartoto, H. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 169-179. https://doi.org/10.21067/jip.v10i2.5106

Legiman. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. LPMP D.I.Yogyakarta.

Mahmud, Priatna Tedi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung: Peneribt Tsabita.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Bandung. PT. Raja Grafindo Persada.

Setiowati, R. (2017). Pembelajaran Matemtika SMA. Artikel. http://eprints.mercubuana- yogya.ac.id/396/2/BAB%20II.pdf

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana.

Published
2020-12-24
How to Cite
Fatwa, I., & Khadijah, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Wajib dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Siswa Kelas XII SMAN 8 Takalar. Equals, 3(2), 95-100. https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.771
Section
Pendidikan Matematika