Partisipasi Online dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) pada Matakuliah Pengantar Teori Fuzzi

  • Khadijah Khadijah STKIP Pembangunan Indonesia https://orcid.org/0000-0003-4376-7511
  • Iwan Setiawan HR STKIP Pembangunan Indonesia
  • Sutamrin Sutamrin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Partisipasi Online, Learning Management System (LMS), Teori Fuzzi

Abstract

Masa pandemi Covid-19 memaksa pengajar dan pembelajar untuk mampu menggunakan sistem online dalam pembelajaran. Learning Management System (LMS) merupakan salah satu fasilitas pembelajaran online. Agar penilaian proses dalam pembelajaran dapat dilakukan, maka perlu memperhatikan partisipasi online setiap mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, kualitas dan jumlah partisipasi online dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) Pada mata kuliah Pengantar Teori Fuzzi. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen, dengan perlakuan berupa pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS). Teknik pengumpulan data dengan partisipasi online mahasiswa diukur setelah 12 pertemuan dalam LMS dan disusun dalam lima kategori untuk mengukur tingkat partisipasi peserta didik secara objektif dan konsisten ke dalam rubrik khusus. Teknik analisis data partisipasi online mahasiswa dalam LMS dianalisis secara kualitatif dengan melihat bentuk partisipasi mahasiswa dan ketepatan waktu pengerjaan tugas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi online dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) Pada mata kuliah Pengantar Teori Fuzzi yaitu motivasi diri peserta didik ditunjukkan dengan ketepatan dan inisiatif dalam partisipasi belajar dengan tingkat partisipasi rendah yaitu 2,3. Kedua, postingan komentar dengan tata Bahasa yang benar dengan tingkat partisipasi online sebesar 3 dan masuk dalam kategori partisipasi tinggi. Ketiga, kemampuan literasi pembelajar terlihat dari relevansi komentar dengan pembahasan sebelumnya disertai referensi dengan tingkat partisipasi online sebesar 2,75 yaitu tingkat partisipasi tinggi. Keempat, penyajian komentar yang menunjukkan gambaran ide dalam benak peserta didik dan cara penyampaian pendapatnya dengan tingkat partisipasi tinggi yaitu 3. Kelima, kolaborasi peserta didik yang ditunjukkan dengan kontribusinya ke komunitas belajar dengan tingkat partisipasi online sebesar 2,27 dan masuk dalam kategori partisipasi rendah.

References

Chang, T. Y., Hsu, M. L., Kwon, J. S., Kusdhany, M. L. S., & Hong, G. (2021). Effect of online learning for dental education in Asia during the pandemic of COVID-19. Journal of Dental Sciences, 16(4), 1095–1101. https://doi.org/10.1016/j.jds.2021.06.006

Hidayati, N., & Wuryandari, A. I. (2012). Media Design for Learning Indonesian in Junior High School Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 490–499. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.354

Llantos, O. E., & Estuar, M. R. J. E. (2019). Characterizing instructional leader interactions in a social learning management system using social network analysis. Procedia Computer Science, 160(2018), 149–156. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.455

Lwande, C., Muchemi, L., & Oboko, R. (2021). Identifying learning styles and cognitive traits in a learning management system. Heliyon, 7(8), e07701. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07701

Maqableh, M., & Alia, M. (2021). Evaluation online learning of undergraduate students under lockdown amidst COVID-19 Pandemic: The online learning experience and students’ satisfaction. Children and Youth Services Review, 128(January), 106160. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106160

Nguyen, N. T. (2021). A study on satisfaction of users towards learning management system at International University – Vietnam National University HCMC. Asia Pacific Management Review, 26(4), 186–196. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2021.02.001

Pahar, M., Klopper, M., Warren, R., & Niesler, T. (2021). COVID-19 cough classification using machine learning and global smartphone recordings. Computers in Biology and Medicine, 135(May), 104572. https://doi.org/10.1016/j.compbiomed.2021.104572

Pavlenko, D., Barykin, L., Nemeshaev, S., & Bezverhny, E. (2020). Individual approach to knowledge control in learning management system. Procedia Computer Science, 169(2019), 259–263. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.02.162

Pratiwi, E. R., Wonorahardjo, S., & Arief, M. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X Partisipasi Online Dalam Pembelajaran Community Of Inquiry (COI) Pada Materi Distilasi. 1, 1410–1416.

Priss, U. (2020). A preliminary semiotic-conceptual analysis of a learning management system. Procedia Computer Science, 176, 3702–3709. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.017

Renata, B., & Jana, M. (2012). Learning and Teaching with Technology E-learning as a Motivation in Teaching Physics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64, 328–331. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.039

Sutamrin, S., & Khadijah, K. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elementer. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 28–41. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.892

Yang, Y., & Lin, N. C. (2010). Internet perceptions, online participation and language learning in Moodle forums: A case study on nursing students in Taiwan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2647–2651. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.388

Yekefallah, L., Namdar, P., Panahi, R., & Dehghankar, L. (2021). Factors related to students’ satisfaction with holding e-learning during the Covid-19 pandemic based on the dimensions of e-learning. Heliyon, 7(7), e07628. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07628

Published
2022-06-07
How to Cite
Khadijah, K., HR, I., & Sutamrin, S. (2022). Partisipasi Online dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) pada Matakuliah Pengantar Teori Fuzzi. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 34-45. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1237