Pengembangan Alat Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII SMP Negeri Sungguminasa Kabupaten Gowa

  • Andi Tenriawaru Pendidikan Matematika, STKIP YPUP Makassar
  • St. Sumarni Pendidikan Matematika, STKIP YPUP Makassar
Keywords: Alat Penilaian Autentik, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif, dan praktis. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat penilaian autentik pada pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif dan praktis. Produk tersebut terdiri dari 11 komponen, yaitu (1) instrumen tes hasil belajar siswa sebagai acuan untuk penilaian kinerja pada pembelajaran geometri; (2) instrumen penilaian diri siswa; (3) instrumen penilaian portofolio berupa karya terbaik dan catatan harian siswa; (4) pedoman penilaian kinerja; (5) pedoman penilaian diri; (6) pedoman penilaian portofolio; (7) instrumen uji kelayakan alat penilaian autentik; (8) lembar observasi keterlaksanaan alat penilaian autentik; (9) angket respon guru; (10) angket respon siswa; (11) Lembar validasi; dan (12) RPP. Proses pengembangan alat penilaian autentik menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan. Ujicoba dilakukan di SMP Negeri 4 Kabupaten Gowa pada siswa kelas VIII. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif, dan praktis. Sebagai implikasi yang diperoleh dari penilaian ini, disarankan: (1) bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian ini, (2) pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri hendaknya dikembangkan juga pada materi lain agar dapat membantu guru dalam menilai siswa berdasarkan kemampuan yang siswa miliki.

References

Ruslan. (2009). Validitas Isi. Buletin Pa’biritta, No.10 Tahun IV September 2009.

Sudijono, Anas. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Sudirman. A., Nur Ismi. (2010). Pengembangan Alat Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Logika Matematika dan Trigonometri. Tesis tidak diterbitkan. Perpustakaan PPs UNM Makassar.

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembeajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI): JICA

Thiagarajan, S. Semmel, DS. Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourse Book. Blomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.

Published
2018-12-01
How to Cite
Tenriawaru, A., & Sumarni, S. (2018). Pengembangan Alat Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII SMP Negeri Sungguminasa Kabupaten Gowa. Equals, 1(1), 1-9. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/27
Section
Pendidikan Matematika