Pendekatan Probing-prompting Berdampak Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa

  • Irmawaty Natsir Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus
  • Nurhayati Nurhayati Pendidikan Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus
  • Andi Azizah Pendidikan Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus
Keywords: Matematika, Penalaran, Probing-Prompting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak strategi probing-prompting terhadap penalaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test post-test. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Merauke sebanyak 32 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Z. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa rata-rata skor Gain-Score sebesar 0,68, yang termasuk dalam kategori menengah. Rata-rata skor pre-test sebesar 38,44, dan rata-rata skor post-test sebesar 80,66. Analisis uji-Z menghasilkan atau 16,799 > 1,645. Artinya  ditolak, maka hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa lebih baik setelah diterapkan pendekatan probing-prompting.

References

Aprilia Astuti, E., Nurimani, & Wulandari, A. (2021). Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Kemampuan Penalaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 73–79.

Bachri S. Lajiba, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Logika Matematika. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 11–24.

David, N., Tandililing, E., & Hartoyo, A. (2019). Pemahaman Konseptual Dan Penalaran Adaptif Dalam Pembelajaran Pendekatan Probing-Prompting Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Sekolah Menengah Pertama.

Dewimarni, S., & Erdriani, D. (2017). Pengaruh Teknik Probing-prompting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 7(1), 39–42.

Diasputri, A., Nurhayati, S., & Sugiyo, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 6(2), 1103–1111.

Fauziah, S. N. Q., & Mansur. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Probing-prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Primary, 09(02), 243–268.

Leonard, WIbawa, B., & Suriani. (2019). Model Dan Metode Pembelajaran Di Kelas.

Lestari, L. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Probing-prompting Berbantuan Geoboard Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Segi Empat. Dialektika P. Matematika, 4(2), 73–82.

Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. (2019). Penerapan Strategi Probing-prompting Dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Di SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9567

Neni, S. (2015). Meningkatkan Penalaran Siswa Terhadap Soal Matematika Berbasis Cerita Melalui Teknik Probing-prompting Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kemranjen. Jurnal Sainteks, XII(1), 56–66.

Putri, W. E., Darto, D., & Rahmi, D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing-prompting terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika berdasarkan Keaktifan Belajar Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 357. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8788

Radiana, P. R., Wiarta, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas V. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(1), 32–40.

Rahman, A. et al., 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, II(1), pp. 1-8.

Sutrisno, K. A., Swistoro, E., & Medriati, R. (2018). Pengaruh Model Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran dan Hasil Belajar Fisika di Kelas XI MAN 1 Kepahiang. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 45–50. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.45-50

Ucisaputri, N., Nurhayati, N. & Pagiling, S. L., 2020. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa SMP Negeri 2 Merauke. AKSIOMA, 9(3), pp. 789-798.

Widayat, E., & Murniati, D. (2018). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Antara Teknik Pembelajaran Probing-prompting Dengan Metode Pembelajaran Konvensional Di Kelas Vii SMP 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Ilmiah Soul Math, 3(4), 170–216.

Wijaya, H., & Hanita, R. (2022). Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 446–469. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.269

Published
2024-06-30
How to Cite
Natsir, I., Nurhayati, N., & Azizah, A. (2024). Pendekatan Probing-prompting Berdampak Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 63-70. https://doi.org/10.46918/equals.v7i1.2237