Profil Kesalahan Siswa Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Non-Rutin Materi Pecahan Ditinjau dari Self-Confidence
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1884Keywords:
Kesalahan, NEA, Soal Non-Rutin, Self-ConfidenceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal non-rutin materi pecahan ditinjau dari siswa self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Penentuan partisipan menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan yang diambil adalah 3 dari 25 siswa. Instrumen dalam penelitian ini, yaitu tes tertulis, angket, dan wawancara. Jawaban siswa yang diperoleh, dianalisis menggunakan teori Newman Error Analysis (NEA). Hasil penelitian diperoleh: Siswa self-confidence tinggi melakukan; kesalahan memahami: tidak menuliskan informasi penting; kesalahan transformasi: menuliskan prosedur tidak tepat karena keliru memahami soal; kesalahan keterampilan proses: kurang paham konsep perkalian pecahan; kesalahan pengkodean: menuliskan hasil yang salah karena salah prosedur dan hitung. Siswa self-confidence sedang melakukan; kesalahan memahami: tidak jelas dalam menuliskan apa yang ditanyakan; kesalahan transformasi: kesulitan membuat prosedur matematika jika soal yang diberikan tidak sama dengan contoh sebelumnya; kesalahan keterampilan proses: kurang paham konsep perkalian pecahan; kesalahan pengkodean: menuliskan hasil yang salah karena salah prosedur dan hitung. Siswa self-confidence rendah melakukan; kesalahan memahami: tidak menuliskan informasi penting; kesalahan transformasi: tidak menuliskan prosedur yang tepat karena nilai yang dimasukkan tidak berdasarkan perhitungan matematika; kesalahan keterampilan proses: ceroboh dalam berhitung; kesalahan pengkodean: menuliskan hasil yang salah karena salah prosedur dan hitung.
References
Aisyah, N. (2008). Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, 1–34. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PengembanganPembelajaranMatematika_UNIT_5_0.pdf
Aminah, & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118–122.
Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2020). Mindest Awal Siswa Terhadao Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elmentary Education, 1(2), 373–377. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42
Arifin, S., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2021). On creativity through mathematization in solving non-routine problems. Journal on Mathematics Education, 12(2), 313–330. https://doi.org/10.22342/JME.12.2.13885.313-330
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
Faizzah, S. N., & Sutarni, S. (2023). Investigasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah HOTS Matematika. 07, 1963–1975.
Fatahillah, A., Wati N.T., Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaggolding Yang Diberikan. Procediamath, 8(1), 40–51.
Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881–886. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p895-902
Febriana, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI pada Materi Program Linear.
Fikri, A. I., Khamdun, & Ulya, H. (2022). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 139–143. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1796
Hanifah, & Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.626
Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 105–113. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3322
Kemendikbud. (2018). Peraturan Mendikbud Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013. Jdih.Kemdikbud.Go.Id.
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 702.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3),2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis, ed. Ke2. London Sage.
Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif.
Murniasih, T. R., Sadijah, C., Muksar, M., Susiswo, & Suwanti, V. (2020). Kesalahan Representasi Pecahan Pada Garis Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2740
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Nawafilah, N. Q. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Menggunakan Operasi Baris Elementer. Jurnal Reforma, 8(1), 167. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.112
Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013
Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1097
Pitriyani, P., Fitrianna, A. Y., Malinda, P., & Hajar, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTs Ditinjau Dari Self Confidence. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2989
Prafitriyani, S., & Dassa, A. (2016). Exploration of Procedural Knowledge in Solving Arithmetic Operation in Fraction of Grade Xi Students At Sman 17 in Makassar. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 101. https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2891
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335
Ramlah, Bennu, S., & Paloloang, B. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vii Smpn Model Terpadu Madani. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1245
Sari, L. N. (2016). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Nonrutin Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Kreano, 7(2), 163–170.
Siahaan, Y. S., & Surya, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.461
Sovia, A., & Herman, T. (2019). Slow learner errors analysis in solving integer problems in elementary school. Journal of Engineering Science and Technology, 14(3), 1281–1288.
Suandito, B., Darmawijoyo, & Purwoko. (2013). Pengembangan Soal Matematika Non Rutin Di Sma Xaverius 4 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.325.
Suratih, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newman’s error analysis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111–123. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990
Suyitno, A., & Suyitno, H. (2015). Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly Based-On Application Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Student). International Journal of Education and Research, 3(1), 529–538.
Tanzimah, & Sutrianti, D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Peluang Berdasarkan Prosedur Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 191–200. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Tasman, F., Yenti, I. N., & Heriyanti, S. (2016). Analisis kesalahan transformasi soal pada kemampuan representasi matematis secara simbolik. Eksakta, 2, 24–30. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eksakta/article/view/7479
White, A. L. (2009). A Revaluation of Newman’s Error Analysis. MAV Annual Conference 2009, 3(Year 7), 249–257. http://www.mav.vic.edu.au/files/conferences/2009/08White.pdf
Yolandia, Y., Rohati, & Winarni, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA) ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematisnya pada Materi Lingkaran. Artikel Ilmiah: Pendidikan Matematika FKIP UNJA, 1–13. https://repository.unja.ac.id/
Zalima, E. I., Njanji, F. P., Lasmiatik, L., Agustina, L., & Dela, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Campuran. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 46–54. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i2.658
