Efektivitas Model Pembelajaran Berpikir Induktif Mahasiswa Melalui Bantuan Media Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1521Keywords:
Google Classroom, Pembelajaran Berpikir Induktif, Matematika EkonomiAbstract
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang telah menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah matematika ekonomi, diperlukan suatu metode tertentu agar pembelajaran lebih hidup, salah satunya adalah model pembelajaran berpikir induktif. Dalam kegiatan induktif ini di bawah bimbingan dan arahan dosen melalui google classroom, mahasiswa aktif belajar matematika secara individu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berpikir induktif berbantuan Google Classroom pada Program Studi Ekonomi Pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan ditinjau dari 3 aspek yaitu aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respons siswa. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) aktivitas siswa selama pembelajaran berpikir induktif berbantuan google classroom aktif ditunjukkan oleh 85,15% siswa melakukan aktivitas seperti yang diinginkan peneliti; (2) ketuntasan belajar siswa secara klasikal ditunjukkan oleh 86,96% siswa memenuhi standar; dan (3) respons siswa yang positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran matematika ekonomi dikatakan efektif.
References
Hasyim, M. (2014). Penerapan Fungsi Guru dalam Proses Pembelajaran. Auladuna, 1(2), 265-276.
Zhang, Dongsong & Zhao, J. & Zhou, Lina & Jr, Jay. (2004). Can E-learning Replace Classroom Learning?. Communications of the ACM. 47. 75-79. 10.1145/986213.986216.
Joyce, B. and Weil, M. dan Calhoun, E. (2011). Models of Teaching: Model-Model Pengajaran. Edisi Kedelapan (Achmad Fawaid & Ateilla Mirza, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Kosassy, S.O. (2019). Mengulas Model-model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, 14(1), 152–173.
Joyce, B. dkk. (2002). Models of Teaching. London: Allyn & Bacon.
Gerhard, M. (1971). Effective Teaching Strategis with The Behavioral Outcomes Approach. USA: Parker Publishing Company.
Mertasih, N.K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Induktif dengan Pendekatan Analogi dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Teknologi Layanan Jaringan. Mimbar Ilmu, 25(1), p. 132. doi:10.23887/mi.v25i1.24770.
Rochmad. (2007). Proses Berpikir Induktif dan Deduktif dalam Mempelajari Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(2), 107 – 117.
Sirait, M. and Sihombing, A.E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Optika Geometris. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23(1), pp. 37–46.
