Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender

Authors

  • Jumarniati Jumarniati Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Rusli Baharuddin PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sulfiana Firman PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094

Keywords:

Literasi Matematis, Aritmetika Sosial, Gender, Siswa

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial berdasarkan gender. Subjek penelitian dipilih berdasarkan gender yaitu terdiri dari 2 subjek dengan rincian 1 perempuan dan 1 laki-laki siswa sekolah dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan literasi matematis dan pedoman wawancara. Tes Kemampuan numerasi disajikan dalam bentuk soal cerita sebanyak 2 nomor dan setiap nomornya akan mengungkap 4 indikator yaitu (1) Mampu mengidentifikasi masalah, (2) Membuat rencana penyelesaian, (3) Menyelesaikan permasalahan dan (4) Menyimpulkan. Hasil Penelitian menunjukkan Kemampuan literasi Matematis siswa subjek gender perempuan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial menunjukkan bahwa subjek mampu mengerjakan dan menyelesaikan soal sesuai prosedur pengerjaan soal sampai selesai dan mengungkap 4 indikator yaitu mengidentifikasi masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan menarik kesimpulan. sedangkan pada subjek laki-laki mengungkap 3 indikator yaitu mengidentifikasi masalah, merencanakan penyelesaian dan menyelesaikan masalah.

References

Agninditya, F. (2014). Analisis Kesalahan dan Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X.IIS di SMA N 1 Rembang. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014.

Baharuddin, M. R. & Jumarniati. (2021). Investigasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Cacah: Kasus Pada Kesalahan Prosedural Dan Kesalahan Konsep. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-86.

Baharuddin, M. R., Fitriani, A., & Jumarniati. (2017). Efektivitas Pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 128

Evijayanti, W & Khotimah, R. P. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 295-302

Fitri, N. M. A., Adirakasiwi, A. G., & Utami, M. R. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP, 3(2), 1-14.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Harahap, S. S. (2010). Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Cet. 11. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Hoang, T. N. (2008). The Effects Of Grade Level, Gender and Ethnicity On Attitude and Learning Exprerimences of Girls and Boys. ISSN: Journal of Research on Technology in education, 41 (3), 253-276.

Huda, N. & Kencana, A. G. (2013). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1): 595-606

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-36.

Nafi’an, M. I. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gender Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISBN: 978–979–16353–6–3.

Nugraha, S. A. & Setiawan, R. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Administrasi Keuangan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Assalam Garut. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut. ISSN: 2302-7339, 13(1), 320–332.

OECD. (2013). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. New York: Columbia University

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learn into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1).

Puspitasari. (2015). Jurnal Pendidikan Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP.

Romdhoni, A. (2013). Al-Qur’an dan Literasi. Depok: Literatur Nusantara.

Santrock, W. J. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saradevi. (2013). Penerapan Aritmetika Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari. Diakses tanggal 5 Mei 2020. https://saradevipalit.wordpress.com/2013/08/11/penerapan-matematika-dalam-kehidupan-sehari-hari

Sari, N. & Wardani, R. (2015). Pengelolaan dan Analisis Data Statistik dengan SPSS. (Ed. 1). Yogyakarta: Deepublish.

Setyawan, I. A. (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. Diakses pada 10 Agustus 2018. https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/

Setyono, D. (2013). Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial. Makalah disajikan di Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta: 65-74.

Shalikhah, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Negeri 3 Pleret pada Materi Aritmatika Sosial. Academy of Education Journal, 10(1), 44-54.

Suryaprani, M. W., Suparta, I. N., & Suharta, I. G. P. (2016). Hubungan Jenis Kelamin, Literasi Matematika, dan Disposisi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Negeri di Denpasar. In Prosiding Seminar Nasional MIPA

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Rosdakarya. h.39.

Tasni,N & Indrawati. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tingkat kompleks masalah dan perbedaan gender. Jurnal Saintifik Vol.2 No.1 Januari 2016.

Widyaningrum, I. (2015). Desain Pembelajaran Materi Aritmatika Sosial dengan Model Permainan Pasar-Pasaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA) 2015.

Wiyartimi, W. R. & Ratnaningsih. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri Rumus-rumus segitiga di Kelas X SMA Negeri 50 Jakarta. JMAP, 9(2).

Wulandari, N. P. M. (2016). Deskripsi Kompetensi Strategis Matematis Kelas VII SMP Negeri 1 Palopo Berdasarkan Gender. Academy of Education Journal, 6(1), 118-119.

Yanti, A. (2014). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh Tahun Ajaran 2013/2014. Diakses dari https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8856

Yumniyati, K (2016). Pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi geometri dikontrol dengan kemampuan spasial di SMAN 13 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Diakses pada 25 Juli 2018 dari: http://eprints.walisongo.ac.id/5904/1/123511043.pdf

Zakiah, L. & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Published

19-12-2021

How to Cite

Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123-132. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094