Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Assesmen Kompetensi Minimum Siswa

Authors

  • Muhammad Rusli Baharuddin PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fitriani A. PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Febriana Nasir PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1093

Keywords:

Pembelajaran Proyek, AKM, Siswa, Literasi, Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi minimum siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek bagi kelas VA SDN 29 Songka. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Jumlah subjek dalam penelitian ini 21 siswa dari kelas VA yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi keterlaksanaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata tes numerasi siklus I ialah 59,04 dengan kriteria rendah dan nilai tertinggi 80 dan terendah 30, sedangkan nilai rata-rata literasi siklus I ialah 61,42 dengan kriteria rendah dan nilai tertinggi 80 dan terendah 30. Nilai rata-rata numerasi pada tes siklus II ialah 82,85 dengan kriteria sedang dan nilai tertinggi 90 dan terendah 70, sedangkan nilai rata-rata literasi siklus II ialah 85,23 dengan kriteria tinggi dan nilai tertinggi 90 dan terendah 80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan pada pembelajaran siswa baik dilakukan secara daring maupun luring kepada siswa kelas VA SDN 29 Songka.

References

Ahmad, S. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Azizah, I. N. (2019). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2)

Baharuddin, M. R. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. AI-Kharizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Ginting, A. (2014). Esensi Praktis Belajar Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hanif, F. M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Siswa Kelas X TKJ 1 SMKN 1BANGKINANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1)

Hasnawati. (2015). Pendekatan Contextual Teaching and Learning Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Staf Pengajar FDBS Universitas Negeri Yogyakarta. Halaman 3. Diakses dari laman Web tanggal 24 September 2021 dari: http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/635

Imawan, R. O. (2015). Perbandingan Antara Keefektifan model Guiided Discovery Learning dan Project Based Learning pada Mata kuliah Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 179.

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181-188.

Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIB Syarif Hidaytullah Jakarta.

Pasiakan, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Pembelajaran Example Non-Example di Kelas IV SDN 347 Lamasi Pantai (Doctoral dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Rakhman, A. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V Sekolah Dasar.

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya & Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cetakan ke-12). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sara, A. (2014). Peningkatan Kualitas Proses dan Hail Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas V SDN Tidung Kota Makassar. Diakses dari http://eprints.unm.ac.id/1156/

Sucilestari, R & Arizona, K. (2018). Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 436-441.

Sucilestari, R & Arizona, K. (2018).Pengaruh Project Based Learning pada Mata kuliah Elektronika Dasar terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram. Konstan Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 3(1), 26-35.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, N. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

19-12-2021

How to Cite

Baharuddin, M. R., A., F., & Nasir, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Assesmen Kompetensi Minimum Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 105-111. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1093