Pemahaman Konsep pada Materi Fungsi Eksponensial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMA

Authors

  • Rini Wijayanti Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Edy Yusmin Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Dona Fitriawan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1698

Keywords:

Pemahaman Konsep, Fungsi Eksponensial, Gaya Belajar

Abstract

Salah satu pemahaman konsep adalah pada materi fungsi eksponensial. Pemahaman terhadap suatu konsep diperoleh dari proses belajar, di dalam mengikuti proses belajar mengajar setiap siswa memiliki karakteristik gaya belajar yang berbeda. Pemahaman konsep dapat ditingkatkan apabila siswa maupun guru mengenali gaya belajar yang digunakan masing-masing siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep pada materi fungsi eksponensial ditinjau dari gaya belajar siswa. Metode dari penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket gaya belajar, tes pemahaman konsep, dan pedoman wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah sembilan orang siswa kelas X SMA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar auditori dan kinestetik memiliki kemampuan pemahaman konsep lebih baik dibanding subjek dengan gaya belajar visual. Subjek dengan gaya belajar visual mampu memenuhi dua indikator pemahaman konsep yaitu indikator 1 dan 2, subjek dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi tiga indikator pemahaman konsep yaitu indikator 1, 2, dan 3, subjek dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi tiga indikator pemahaman konsep yaitu indikator 1, 2, dan 4.

References

DePorter, Bobbi & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Diana Putri, R., & Yuhana, Y. (2022). Analisis Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1477–1484. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1477-1484

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga BONGPAS. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Ghufron, M. Nur & Risnawati, R. (2013). Gaya belajar: Kajian teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Khalid, Setia Furqan. (2012). Jangan Belajar Kalau Gak Tau Caranya. Sumedang: Rumah Karya.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. America: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

NCTM. (2019). Chapter 1 Teaching Mathematics in the 21st Century. Principles and Standards for School Mathematics, 1908, 2–6.

Prashnig, B. (2007). The power of learning style: Memacu anak melejitkan prestasi dengan mengenali gaya belajarnya. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

Sandy Diana Mardlatillah, & Nurus Sa’adah. (2022). Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Gaya Belajar Pada Peserta Didik. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 45–55. https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6433

Setiana, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Gaya Belajar. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 176–189. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4521

Sugiarti, W., Taufik, M., Rosyadi, A. A. P., Khusna, A. H., & Azmi, R. D. (2018). Pembelajaran Berbasis React Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Eksponensial Di SMAN 2 Batu. JINSPIRAMATIKA: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 112–119.

Sutisna, E. (2020). Modul MAM Kelas X - KD 3.1 Fungsi Eksponen dan Fungsi Logaritma (MAM). 29.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Wati, C., & Muzakkir, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Belajar Melalui Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 25–37. https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12716

Wawan, Talib, A., & Djam’an, N. (2019). Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(2), 101–106.

Downloads

Published

01-06-2023

How to Cite

Wijayanti, R., Yusmin, E., & Fitriawan, D. (2023). Pemahaman Konsep pada Materi Fungsi Eksponensial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMA. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1698