Etnomatematika Pada Keraton Alwatzikhoebillah Sambas Sebagai Sumber Belajar Matematika Materi Geometri

  • Sabarno Sabarno Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Halini Halini Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Rustam Rustam Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Dona Fitriawan Universitas Tanjungpura
Keywords: Etnomatematika, Sumber Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan konsep etnomatematika yang terdapat di Alwatzikhoebillah keraton Sambas untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran matematika dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKPD). Penelitian ini berawal dari kurangnya kesadaran generasi penerus untuk menjaga bangunan cagar budaya. Tidak hanya itu, pembelajaran matematika di sekolah juga kurang mendukung dalam mengintegrasikan pembelajaran matematika berbasis budaya lokal. Fenomena yang terjadi selama ini, siswa cenderung kurang memahami pembelajaran matematika karena tidak adanya hubungan antara matematika dengan budaya dimana mereka tinggal, padahal matematika dan budaya merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Etnomatematika merupakan ilmu yang memadukan konsep dalam matematika dengan budaya yang ada di masyarakat, salah satu budaya yang dapat dipelajari adalah kraton Alwatzikhoebillah. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, jenis penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di keraton Alwatzikhoebillah terdapat konsep etnomatematika yaitu menghitung, mengukur, menentukan lokasi, merancang, dan menjelaskan. Konsep etnomatematika ini diintegrasikan ke dalam sumber belajar berupa pembuatan LKS berbasis budaya dengan menggunakan konsep matematika segitiga dan segiempat di kelas VII.

References

Bakhrodin, B., Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(2), 113–124. https://doi.org/10.25139/smj.v7i2.1921

Buangin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metedologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Clarkson, P., & Presmeg, N. (2008). Critical issues in mathematics education: Major contributions of alan bishop. In Critical Issues in Mathematics Education: Major Contributions of Alan Bishop (Issue December). https://doi.org/10.1007/978-0-387-09673-5

Damayanti, S. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Tipe Higher Order Thinking Skills. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(2), 59. https://doi.org/10.26418/ja.v1i2.41642

Fahmi, U. R. (2018). Selayang Pandang Kerajaan Islam Sambas. Sambas: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.

Jatia, S. P., Mastur, Z., & Asikin, M. (2019). Potensi Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 277–286.

Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956

Panjaitan, S., Hartoyo, A., & Fitriawan, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Kain Tenun Songket Suku Melayu Sambas. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 19–31. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/AlphaEuclidEdu/article/view/47890

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Buku Ajar Perkuliahan UPI.

Suwardani, N. (2015). Pewarisan Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Memproteksi Masyarakat Bali dari Dampak Negatif Globalisasi. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 5(2), 247–264.

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.

Published
2022-06-02
How to Cite
Sabarno, S., Halini, H., Rustam, R., & Fitriawan, D. (2022). Etnomatematika Pada Keraton Alwatzikhoebillah Sambas Sebagai Sumber Belajar Matematika Materi Geometri. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1196