Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Media Whatsapp terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maros

  • Sitti Asriyanti Program Studi Matematika, FKIP UMMA
  • Ernawati Ernawati Universitas Muslim Maros
  • Rizqi Ashari Rahim Universitas Muslim Maros
Keywords: Two Stay Two Stray (TSTS), Model Pembelajaran Cooperatif, Media Whatsapp, Prestasi Belajar Siswa, Matematika

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maros dengan sampel yang dipilih menggunakan metode Simple random sampling, sebanyak 12 siswa dalam satu kelas eksperimen yaitu kelas VII F. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar matematika dan lembar observasi yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji paired sample t-test sebagai uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest 46,83, sedangkan rata-rata posttest 84.25. Berdasarkan uji-t diperoleh 0,000 < ???? = 0,025 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran cooperative tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media whatsapp terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maros. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan hal ini ditunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray dengan media whatsapp pada materi bangun datar segiempat terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri 1 Maros.

References

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing Dan PBL Terhadap Prestasi Belajar, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100–108.

Andika, N. D., Usodo, B., & Subanti, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(8), 830–840.

Ervitasari, A. (2018). Rendahnya Prestasi Siswa. Universitas Kristen Satya Wacana.

Gani, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337–343.

Hadijah. (2018). Efektivitas Model Problem Based Learning Dengan Bantuan Media Animasi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Mandai. Universitas Muslim Maros.

Herin, P. M., & Roniwijaya, M.Pd, Pd. airun. (2017). Penerapan Metode TSTS (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melakukan Perbaikan Engine Berikut Komponen-Komponennya Siswa Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Tamansiswa Naggulan 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 10–16.

Himawan, Madjis, R., Nur, R., & Mei, N. (2018). Model Pembelajaran Sistem Perilaku. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan (Edisi Pertama). Yogyakarta: Media Akademi.

Nasir, A.M., Nirfayanti, N., (2019). Effectiveness Of Mathematic Learning Media Based On Mobile Learning In Improving Student Learning Motivation. Jurnal Inovasi Matematika, 7, 228–234.

Purnama, A. E., Usodo, B., & Kuswardi, Y. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran TSTS Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 2(2), 127–133.

Supriatin, E., & Wakijo. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(1), 1–8.

Published
2020-12-23
How to Cite
Asriyanti, S., Ernawati, E., & Rahim, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Media Whatsapp terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maros. Equals, 3(2), 63-70. https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.670
Section
Pendidikan Matematika