Efektivitas Pembelajaran Daring (Whatsapp) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di UPTD SMPN 17 Marusu
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 17 Marusu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 17 Marusu sebanyak 25 orang dan dalam penelitian ini digunakan sampel total (totalling sample) dalam satu kelas eksperimen pada tahun pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh ahli serta menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas.
References
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Badudu, J.S. (1994). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta.
Billfaqih dan M Nur Qomaruddin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Dimyati & Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.
Hamalik, Oemar. (1989). Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan. Jakarta: Mandar Maju.
Hadisi, La, and Wa Muna. Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-learning)." Al-Ta'dib,Jurnal volume 8, Nomor 1, Juni 2015, Hal 117-140. Di akses pada tanggal 17 Desember 2020.
Muliani. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Tanralili Maros. Maros: Program Sarjana Universitas Muslim Maros.
Nana Sujana, (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rossda Karya.
Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al-Barry. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Mahasatya: Jakarta.
Rahayu, Sri Ilyas. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Darul Hikmah Makassar. Makassar: Program sarjana Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.
Sagala Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran, Cet. 10. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunaryo, (1989). Strategi Belajar Mengajar dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan. Sosial. Jakarta: Debdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Objek. Universitas Negeri Malang.
Udin Winataputra, (2007). Teori Belajar dan Pembelajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas terbuka.

Copyright (c) 2023 Mustika Rini Wulandari, Aryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.