https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/issue/feed Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023-07-28T14:33:08+07:00 Ita Suryaningsih idiomatik@umma.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Idiomatik adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi menerima naskah berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan pendidikan dan ilmu bahasa dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain.</p> https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/1869 Efektivitas Pembelajaran Daring (Whatsapp) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di UPTD SMPN 17 Marusu 2023-07-28T14:10:18+07:00 Mustika Rini Wulandari damayantisiska743@gmail.com Aryanti Aryanti aryantiafly@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 17 Marusu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 17 Marusu sebanyak 25 orang dan dalam penelitian ini digunakan sampel total <em>(totalling sample) </em>dalam satu kelas eksperimen pada tahun pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh ahli serta menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas.</p> 2023-06-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/1868 Prinsip Kerja Sama dalam Film Pendek Komedi Bugis Ambo Nai Anak Jalanan: Kajian Pragmatik 2023-07-28T14:11:34+07:00 Firman Saleh firmansalehsastradaerah@unhas.ac.id Rudy Yusuf rudy.yusuf@fs.unhas.ac.id Ian Wahyuni ianwahyuni1991@gmail.com Sam Hermansyah ibrahim080988@gmail.com Risdayanti Risdayanti risdayantisultan@gmail.com <p>Dalam sebuah percakapan pasti membutuhkan suatu prinsip kerja sama, agar mitra tutur dapat memahami apa yang disampaikan oleh penutur. Namun, sering kali juga di antara penutur atau mitra tutur melakukan pelanggaran percakapan yang dapat mengakibatkan pelanggaran prinsip kerja sama. Sehingga penelitian ini dibuat dengan tujuan dapat mengetahui adanya penerapan serta pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat di dalam percakapan film pendek komedi Bugis. Penelitian ini menggunakan metode teoretis pragmatik serta metode pendekatan metodologis deskriptif kualitatif dengan menyimak tayangan ulang acara komedi tersebut, lalu melakukan teknik catat dalam proses tahap pengumpulan datanya. Hasilnya, peneliti menemukan beberapa tuturan yang melakukan penerapan atau pelanggaran dari prinsip kerja sama dalam sebuah percakapan film pendek komedi Bugis. Hasil itu berupa dua percakapan yang merupakan maksim kualitas (satu tuturan tidak melanggar dan satu tuturan melanggar maksim kualitas). Dua percakapan maksim kuantitas (satu tuturan melanggar dan satu tuturan lagi tidak melanggar maksim kuantitas). Satu percakapan yang merupakan maksim relevansi (tuturan tidak melanggar maksim relevansi). Terakhir, satu percakapan yang merupakan maksim cara (merupakan tuturan yang melanggar maksim cara).</p> 2023-06-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/1672 Nilai-nilai Pendidikan Karakter Novel Layangan Putus Karya Mommy ASF dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Teks Novel kelas XII SMA 2023-07-28T14:11:42+07:00 Vela Pujiastuti vella130218@gmail.com Andria Catri Tamsin andriacatritamsin@fbs.unp.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Kedua, mendeskripsikan implikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF terhadap pembelajaran teks novel kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah data tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Data tersebut berupa frasa, kata dan kalimat yang terdapat dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Layangan Putus karya Mommy ASF, yang diterbitkan pada tahun 2020 oleh penerbit RDM Publisher dengan tebal 256 halaman. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan tambahan format lembaran pencatatan dan mendeskripsikan data yang ditemukan dalam bentuk analisis. Teknik pengumpulan data yaitu Pertama, membaca dan memahami novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Kedua menandai kajian-kajian kalimat yang merupakan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di alam novel. Ketiga mencatat data-data yang sesuai dengan masalah penelitian (nilai-nilai pendidikan karakter) yang terdapat di dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Keempat, mengklasifikasi data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan indikator dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Teknik pengabsahan data yaitu uraian rinci. Teknik analisis data yaitu Pertama, reduksi data. Kedua penyajian data. Ketiga verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, ditemukan Sembilan jenis nilai pendidikan karakter dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Pertama, nilai pendidikan karakter religius. Kedua, nilai pendidikan karakter jujur. Ketiga, nilai pendidikan karakter disiplin . Keempat, nilai pendidikan karakter kerja keras. Kelima, nilai pendidikan karakter mandiri. Keenam, nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu. Ketujuh, nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif. Kedelapan, nilai pendidikan karakter cinta damai. Kesembilan, nilai pendidikan karakter</p> 2023-06-29T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/1664 Tindak Tutur Direktif Indy Rahmawati Dalam Talk Show Satu Jam Lebih Dekat Di TVOne 2023-07-28T14:33:08+07:00 Sabiqah Sri Anani sabiqahanani@gmail.com Tressyalina Tressyalina sabiqahanani@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif Indy Rahmawati dalam acara talk show Satu Jam Lebih Dekat di TVOne dan strategi tuturan yang digunakan Indy Rahmawati dalam acara talk show Satu Jam Lebih Dekat di TVOne. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan direktif penutur pada acara talk show Satu Jam Lebih Dekat di TVOne yang terdiri dari tiga video. Sumber data dalam penelitian ini adalah rekaman audio visual talk show Satu Jam Lebih Dekat di TVOne yang tayang pada Maret 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak. Peneliti memperoleh sumber data dengan mengunduh rekaman audio visual talk show Satu Jam Lebih Dekat di laman youtube online (www.youtube.com). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sadap. Hasil penelitian ini menemukan lima jenis tindak tutur direktif, yaitu memerintah, memohon, menyarankan, menuntut, dan menantang. Tindak tutur direktif yang dominan digunakan adalah tindak tutur direktif menuntut. Selanjutnya dalam talk show Satu Jam Lebih Dekat di TVOne ditemukan empat strategi tutur yaitu strategi berbicara terus terang tanpa basa-basi, strategi berbicara terus terang dengan kesantunan positif, dan strategi berbicara terus terang dengan kesantunan. negatif, dan strategi bicara yang tidak jelas.</p> 2023-06-29T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/1654 Keefektifan Kalimat Dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo 2023-07-28T14:12:02+07:00 Nurul Aliyah nurulaliyahpbi@gmail.com Ena Noveria nurulaiyahpbi@gmail.com <p>Penggunaan kalimat efektif dalam menulis masih menjadi kendala bagi siswa. Hal tersebut membuat kalimat menjadi tidak efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kalimat dalam teks eksplanasi siswa SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo ditinjau dari lima hal. Pertama, keefektifan dari segi kesepadanan, terdapat 42 kesalahan. Kedua, keefektifan dari segi keparalelan, terdapat 17 kesalahan. Ketiga, keefektifan dari segi kehematan, terdapat 30 kesalahan. Keempat, keefektifan dari segi kecermatan, terdapat 42 kesalahan. Kelima, keefektifan dari segi kelogisan, terdapat 19 kesalahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo. Sumber data penelitian ini adalah teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo yang diperoleh melalui teknik pancing sesuai dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena jumlah subjek kurang dari 100, sehingga diperoleh sebanyak 20 teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Lalu, teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi.</p> 2023-06-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##