Persepsi Sikap Bahasa Mahasiswa Universitas Muslim Maros

  • Aryanti Aryanti Universitas Muslim Maros
Keywords: Persepsi, Sikap Bahasa Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi sikap bahasa mahasiswa Universitas Muslim Maros terhadap bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pendistribusian angket pada responden yang berjumlah 100 orang untuk memperoleh data primer berupa tanggapan dari pertanyaan kuesioner yang mengukur persepsi sikap bahasa responden. Sedangkan dalam analisis data, digunakan Teknik analisis data kualitatif model Miles and Huberman yakni reduksi data, display data, serta penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi sikap bahasa pada mahasiswa Universitas Muslim Maros menunjukkan sikap positif pada bahasa Indonesia, hal ini berarti mahasiswa masih setia dan bangga terhadap bahasa Indonesia, serta memahami norma-norma dasar yang terkandung dalam bahasanya.

References

Anderson, Edmund A. (1974). Language Attitude, Belief and Values: A Study in Linguistic Cognitive Frameworks. Disertasi. Georgetown University.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fitrawahyudi, F., & Kasmawati, K. (2019). Kemampuan Bahasa Daerah Usia 17-22 Tahun. Jurnal Idiomatik, 2(2), 75-82.
Gusnawaty & Fitrawahyudi. (2017). Sikap Bahasa Keluarga Kawin Campur Antar Etnik di Kabupaten Maros: Pendekatan Sosiolinguistik. Dalam Prosiding. ASBAM 2017.
Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Kridalaksana, Harimurti. (2005). Bahasa dan Linguistik. Dalam Multamia RMT Launder, Untung Yuwono, Kushartanti. Pesona Bahasa. Jakarta: Pt. Gramedia.
Siswoyo, Dwi dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Published
2021-12-27
How to Cite
Aryanti, A. (2021). Persepsi Sikap Bahasa Mahasiswa Universitas Muslim Maros. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 57-63. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i2.1183