Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting karena menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam dunia pendidikan pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data berupa pemberian tes serta wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kota Sukabumi yang dikategorikan berdasakan tingkatan kemampuan awal matematika, yaitu siswa dengan kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian siswa dengan kemampuan tinggi dan kemampuan sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis pada tingkat 3 (kreatif) memenuhi aspek fluency dan flexibility, dan siswa dengan kemampuan rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis pada tingkat 1 (kurang kreatif) memenuhi aspek fluency.
References
Amalia Febrianti, U., Hobri, H., & Setiawani, S. (2016). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Open- Ended Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi (Seventh Grade Student ’ s Creative Thinking Level in Open-Ended Problem in Rectangle and Square Topic ). Jurnal Edukasi UNEJ, 2(3), 5–8.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (R. Damayanti (ed.); 3rd ed.). Bumi Aksara.
Dewi, N. R., Suryana, A., Tinungki, G. M., & Tandiseru, S. R. (2020). Model pembelajaran inovatif dalam pengembangan hard skill dan soft skill matematis (Andriyanto (ed.); 1st ed.). Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=ORX5DwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Publishing.
Ngabidin, M. (2021). Mekar Berseri Di Masa Pandemi (Kumpulan Best Practices Inovasi Pembelajaran Pada Sekolah Model Di Massa Pandemi Covid 19) SMP, SMA, SMK (M. P. Dr. Arwan Rifa’i, S.Si. (ed.)). Deepublish, 2021.
Nurrahmi, F. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Efficacy. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Putri, H. E., Muqodas, I., Wahyudy, M. A., Abdulloh, A., Sasqia, A. S., & Afita, L. A. N. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya (F. Nuraeni (ed.)). UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?id=FmD4DwAAQBAJ&lr=&source=gbs_navlinks_s
Restanto, R. dan H. L. M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe Open-Ended Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Numeraci, 3(2), 30–36.
Siswono, T. Y. E. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Reviews, 6(7), 548–553.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suriyadi, T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Keruak Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Mataram.

Copyright (c) 2021 Hasnaa Indar Nurazhaar, Hamidah Suryani Lukman, Ana Setiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.