Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika

Suatu Kajian Pustaka

  • Rosida Marasabessy Pendidikan Matematika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aan Hasanah Pendidikan Matematika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Juandi Pendidikan Matematika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Bangun Ruang Sisi Lengkung, Permasalahan dalam Pembelajaran Matematika, Geometri

Abstract

Bangun ruang sisi lengkung merupakan bagian dari geometri yang mempelajarinya merupakan hal yang penting, karena memungkinkan siswa untuk menganalisis dan menafsirkan dunia tempat mereka tinggal serta membantu mereka dalam mengoperasikan materi lainnya. Akan tetapi, fakta yang ditemukan dilapangan menunjukkan masih ada hambatan dan kesalahan yang dijumpai siswa pada materi ini. Untuk mengatasinya diperlukan kegiatan penganalisaan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung. Hal ini bertujuan agar kesalahan-kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dapat diketahui, sehingga dapat dilakukan tindak lanjut dan penanganan terhadap kesalahan-kesalahan tersebut. Dengan demikian artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian berupa permasalahan-permasalahan yang umumnya dihadapi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Kajian ini berupa penelusuran hasil penelitian pada jurnal-jurnal nasional. Kegiatan ini peneliti rangkum dari temuan hasil analisis 10 jurnal. Hasil pengkajian tersebut menunjukkan permasalahan yang dihadapi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung secara umum adalah masalah konsep dan prinsip (prosedural, perhitungan, kecerobohan, dan kalkulasi). Dalam artikel ini juga diberikan upaya yang dapat dilakukan guru dalam membelajarkan bangun ruang sisi lengkung, diantaranya: menggunakan alat peraga, memberikan soal secara berkala, melakukan remedial bagi siswa yang mengalami kesulitan, dan dalam proses pembelajaran memperhatikan fase-fase perkembangan geometri siswa dalam teori van hiele. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam bidang pendidikan khususnya pengajaran matematika, di mana dapat dilakukan tindak lanjut dan penanganan terhadap permasalahan-permasalahan bangun ruang sisi lengkung yang ditemukan dalam kelas.

References

Ahmadi, A dan Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213-225.

Arifin, Yusmin, E, Hamdani (2017) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4).

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1), 9-18.

Budiarto, Mega Teguh. (2008). Membangun Level Abstraksi Siswa SMP dalam Memahami konsep Geometeri, Penelitian Fundamental Tahun Pertama, Pusat Penelitian Unesa Surabaya.

Budiarto, Mega Teguh. (2011). Rigorous Mathematical Thinking Dalam Pembelajaran geometri, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Pusat Penelitian Unesa Surabaya

Budiarto. (2013). Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi Model Pembelajaran geometri yang berpandu pada pendekatan konstruktivisme dengan memperhatikan miskonsepsi dan arah berikir Van Hielle di SLTP, Pusat Penelitian IKIP Surabaya.

Chotimah, S., Wijaya, T. T., Aprianti, E., Akbar, P., & Bernard, M. (2020). Increasing primary school students’ reasoning ability on the topic of plane geometry by using hawgent dynamic mathematics software. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1).

Creswell, John W. (2003). Research Design. Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publication

Deviani, R. Ramlah, Adirakasiwi, A. G. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) 2017.

Fuys, D., Geddes, D., & Tischler, R. (1988). The van Hiele model of thinking in geometry among adolescents. Journal for Research in Mathematics Education. Monograph, 3, i-196.

Hasanah, N. (2016). Upaya Guru dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27-34.

Istiqomah, N. & Rahaju, E. B (2014). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan gaya kognitif pada materi bangun ruang sisi lengkung. MATHEdunesa, 3(2).

Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.

Lithner, J. (2008). A research framework for creative and imitative reasoning. Educational Studies in Mathematics, 67(3), 255–276

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179-188.

Martina, A. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Metode Newman pada Siswa Bergaya Belajar Auditorial.

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-Hasil Asesmen: Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrived October 28, 2020, from: https://www.scribd.com/document/403325166/Nizam-Hasil-Penilaian-seminar-puspendik-2016-pdf

Nuraida, I. (2017). Analisis kesalahan penyelesaian soal bangun ruang sisi lengkung siswa kelas ix SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 25-30.

Nuraida, I. (2017). Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME). SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 68-78.

Nurfahrudianto, A. (2010). Kesalahan Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Kediri. Efektor No 17.

Özerem, A. (2012). Misconceptions in geometry and suggested solutions for seventh grade students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 55, 720-729.

Qin, L., Zhou, Y., & Tanu, W. T. (2019). The Analysis of mathematics adversity quotient of left behind junior high school students in rural areas. Open Journal of Social Sciences, 7(10), 331.

Rosyida, E. M., Riyadi, R., & Mardiyana, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Pendapat John W. Santrock Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(10).

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Wijaya, T. T. (2020). The Effect of VBA for Microsoft Excel as Teaching Material to Improve Prospective Elementary School Teachers’ Mathematical Conceptual Understanding. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 251–268.

Syamsudin. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 1 Colomadu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Shuttleworth, M (2009). What is a Literature Review?. Retrieved Nov 04, 2020 from Explorable.com: https://explorable.com/what-is-a-literature-review

Siregar, N. F. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1-14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik–Manik dan Sedotan) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Dinoyo 1 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Tan, N. J. (1994). Analysis of elementary geometry teaching materials. New Elementary Mathematic Curriculum. Taiwan

Untari, E. (2014). Diagnosis kesulitan belajar pokok bahasan pecahan pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(1), 1-8.

Wardhani, I. S. (2020). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 3, No. 1, pp. 124-129).

Widdiharto, R. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 205–214.

Wijaya, T.T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). Using Hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10).

Agustini, W. A., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP PADA Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 91-96.

Yulfiana, Y. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas Ix Smp Muhammadiyah 9 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Published
2021-06-01
How to Cite
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1-20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874
Section
Pendidikan Matematika