Proses Kognitif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.2182Keywords:
Gender, Pemecahan Masalah, Proses KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses kognitif tersebut dalam empat tahap pemecahan masalah Polya ditinjau dari gender. Subjek penelitian yang dipilih adalah dua siswa kelas VIII SMP di Bulukumba yaitu satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu tes tertulis dan wawancara. Data yang diperoleh terlebih dahulu diuji validitasnya. Selanjutnya, data tersebut dianalisis berdasarkan indikator proses kognitif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan teori proses kognitif dapat disimpulkan bahwa subjek melakukan pemrograman, regulasi, dan verifikasi yang sama pada tahap membuat rencana dan memeriksa kembali sedangkan pada tahap memahami masalah dan melaksanakan rencana kedua subjek menunjukkan aktivitas pemrograman, regulasi, dan verifikasi yang berbeda.
References
Amir, M. F., Mufarikhah, I. A. U., Wahyuni, A., Nasrun, N., & Rudyanto, H. E. (2019). Developing ‘fort defending’game as a learning design for mathematical literacy integrated to primary school curriculum in Indonesia. İlköğretim Online, 1081-1092.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Becker, J.P. dan Shimada, S. (1997). The Open Ended Approach. A new proposal for teaching mathematics. Reston, NCTM.
Das. (2004). “Theories of Intelligence: Issues and Applications”. In Goldstein, G., and Beers, S. R (Ed). Comprehensive Handbook of Psychological Assesment: Volume I Intellectual and Neuropsychogical Assesment. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Dewi, I., Saragih, S., & Khairani, D. (2017). Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 115-124.
Fan, A.A. (2000). Arithmetic Problem Solving and Simultaneous-Succesive and Planning Processes in Sixth Grade Chinese Children. Thesis, The University of British Columbia.
Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61-74.
Firdaus, A. M., & Akib, I. (2022). Proses Generalisasi Pola Bilangan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 139-148.
Firdaus, A. M., Lestari, N. D. S., Murtafiah, W., Ernawati, T., Lukitasari, M., & Widodo, S. A. (2023). Generalization of Patterns Drawing of High-Performance Students Based on Action, Process, Object, and Schema Theory. European Journal of Educational Research, 12(1).
Gallagher, A.M. (2000). Gender Differences in Advanced Mathematical Problem Solving, Journal of Exkperimental Child Psychology 75, 165-190.
Jones, V. O. (2006). Cognitive Processes During Problem Solving of Middle School Student With Different Levels of Mathematics Anxiety and Self-Esteem. Electronic theses, Treatises, and Dissertations: The Florida State University.
Lestari, N. D. S., Pambudi, D. S., Kurniati, D., Maulana, A. P., Murtafiah, W., & Suwarno, S. (2023). Kesiapan Guru Matematika Sekolah Menengah Dalam Mengajarkan Literasi Dan Numerasi Melalui Kurikulum Merdeka. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1650-1660.
Luria, A.R. (1980). Higher cortical functions in man (2nd ed.). New York, NY: Basic Books.
Moleong, Lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Naglieri, J. A., dan Rojahn. (2001). “Gender Differences in Planning, Attention, Simultaneous, and Successive (PASS) Cognitive Processes and Achievement”.Journal of Educational Psychology. Vol. 93. No. 2. 430-437.
Nazariah, N., & Abidin, Z. (2017). Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 35-52.
Nirfayanti, N., Setyawan, D., & Adawiah, R. (2022). Analisis Proses Berpikir Induktif Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 83-94.
Panjaitan, Binur. (2012). Profil Proses Kognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Dan Gender. Disertasi Doktor, Universitas Negeri Surabaya.
Polya, G. (1973). How To Solve It. Second Edition. Princeton University Press. New Jersey.
Syahrir, N. A., & As’ari, A. R. (2019). The Influence of Teacher’s Gestures to Strengthening the Understanding of Mathematics Students. International Journal of Insights for Mathematics Teaching, 2(1), 75-84.
Siswono, Tatag Y.E. (2008). Model Pembelajaran Matematika dan Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Zhu, Sheng. (2007). Gender Differences in Mathematical Problem Solving Patterns: Review Of Literature. International Education Journal, 187-203: Shannon Research Press.