Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VIII-A MTs Negeri 2 Makassar

  • Abdul Hadi STKIP YPUP Makassar
  • Rizky Ramadhana STKIP YPUP Makassar
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas VIIIA MTs Negeri 2 Makassar. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat membantu dengan pola berpikir melalui tahapan-tahapan yang dapat membantu menemukan solusi dalam menyelesaikan hal-hal yang berhubungan dengan soal matematika dan permasalahan yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian Pre Experimental (One-Group Pretest-Posstest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas yang homogen dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Negeri 2 Makassar yang dipilih secara random. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pemberian tes hasil belajar yang terdiri dari 5 soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif yang diperoleh: 1) Rata-rata  pretest sebesar 62,50 berkategori rendah dengan standar deviasi 27,50. 2) Rata-rata postest sebesar 90,83 berkategori tinggi dengan standar deviasi 3,764. 3) Aktivitas siswa selama proses belajar berlangsung sebesar 83,33% berada pada kategori baik; 4) Aktivitas guru selama mengajar sebesar 88,46 berada pada kategori sangat baik; 5) Respons siswa selama proses belajar sebesar 85% berada pada kategori sangat positif; 6) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pretest ke posttest dengan nilai gain sebesar 0,70 berada pada kategori tinggi. Dengan menggunakan uji-t dan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 13,53 dan ttabel 2,01505; thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.

References

Dagung, Leonardus. (2016). Proposal Skripsi Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Melakukan Metode Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.

Febrina, Nuansa Ayu dan Isroah. (2012). Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas X AK 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Pendidikan Akuntansi Indonesia. (https://www.researchgate.net/publication/330562601) (Pdf). Diakses 1 Oktober 2020.

Darmadi. (2018). Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabet

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khikmah, Aniswatul. (2015). “Proposal Skripsi Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII MTS Tarbiyatul Mubtadin Wilalung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015”. Online. (http://eprints.walisongo.ac.id/4731/1/113511039.pdf) (Pdf). Diakses 16 Maret 2015.

Kusuma, Merta Dhewa dkk. (2017). “The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal Of Research & Method In Education. Online. (https://www.researchgate.net/publication/317403594_The_Development_of_Higher_Order_Thinking_Skill_Hots_Instrument_Assessment_In_Physics_Study) (Pdf). Diakses 27 September 2020.

Lestari, Eka Karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Majid, Abdul. (2015). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Bagus Eko. (2016). Proposal Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Proses Pembelajaran serta Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Materi Garis Lurus Tahun Pelajaran 2015/2016”. Online. (http://simki.unpkediri.ac.id/detail/11.1.01.05.0032). (Pdf). Diakses 10 Februari 2016.

Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Supraptinah, Umi dan Siswanto. (2009). Aktif Matematika 3. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Suryabrata, Sumadi. (2013). Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo Persada.

Utoso, Budi dan Sutrima. (2009). Wahana Matematika Untuk SMA/MA Kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Haka MJ.

Wirandani, Tari, Ayu Cendra Kasih dan Latifah. (2019). Analisis Butir Soal HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) Pada Soal Ujian Sekolah Kelas XII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK AN-NAHL. Parole. Online. (https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2895). (Pdf). Diakses 19 Juli 2022

Published
2022-06-06
How to Cite
Hadi, A., & Ramadhana, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VIII-A MTs Negeri 2 Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 46-54. https://doi.org/10.46918/equals.v5i1.1228