Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon Terintegrasi dengan Microsoft Office Powerpoint Pada Materi Koordinat Kartesius
DOI:
https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1128Keywords:
Penelitian Pengembangan, Powtoon, Microsoft Office PowerpointAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan pengembangan bahan ajar multimedia interaktif berbasis aplikasi Powtoon terintegrasi dengan Microsoft Office Powerpoint pada materi koordinat kartesius yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dan prosedur pengembangan 4-D (Four D-Models) dari Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Karossa Kabupaten Mamuju Tengah tahun pelajaran 2020/2021 pada siswa kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar multimedia interaktif berbasis aplikasi Powtoon terintegrasi dengan Microsoft Office Powerpoint pada materi koordinat kartesius. Hasil dari penelitian ini berdasarkan kajian teori serta didukung oleh hasil penelitian serta tujuan penelitian adalah media pembelajaran aplikasi powtoon terintegrasi dengan microsoft office powerpoint yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, dengan rincian 1) media pembelajaran aplikasi powtoon terintegrasi dengan microsoft office powerpoint valid ditinjau dari hasil penilaian ahli, 2) media pembelajaran aplikasi powtoon terintegrasi dengan microsoft office powerpoint sangat praktis ditinjau dari hasil penilaian siswa, 3) media pembelajaran aplikasi powtoon terintegrasi dengan microsoft office powerpoint efektif ditinjau dari hasil pekerjaan siswa.
References
Alfian. (2010). Membuat Presentasi Menakjubkan dengan Microsoft Office Powerpoint2007.Bandung: Mediakita.
Dewi, N.R. & Akhlis, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal. 5 (1), 1098-1108.
Dewi, P. S., & Septa, H.W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 31-39.
Fatimah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Profesional CS6 Pada Materi Gula Dan Hasil Olahnya Untuk Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon. Jurnal online ePrint@UNY. http//eprints.uny.ic.id . Diunduh pada tanggal 30 November 2019.
Khaeroni dan Nopriyani, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD/MI Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinat. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 5(1). 76-93.
Kurniawan, D & Dewi, S.V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencasto-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi. 3 (1), 214-219.
Masykur, R., Aulia, L.R., dan Sugiharta, I. (2018). Microsoft Office Powerpoint pada Aplikasi Android dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis, Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6(2), 265-273.
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathematik: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). 24-30.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika untuk CBSA. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.
