ANALISIS SIKAP BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SECARA ONLINE

  • Wiwin Pramita Arif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Putri Athirah Azis STKIP Pembangunan Indonesia
  • Syahriani Syahriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Syamsul Syamsul Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Anisa Anisa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Saparuddin Saparuddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Sikap Belajar, Pembelajaran Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap belajar mahasiswa terhadap Pembelajaran online pada Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen penelitian berupa angket (skala Linkert). Responden penelitian berjumlah 30 mahasiswa sebagai populasi pada mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan Angket/kuesioner adalah instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bertujuan mengumpulkan data mengenai variabel sikap siswa dengan jumlah item yang disusun adalah 15 item pernyataan dengan menggunakan skala likert yang meliputi sikap belajar (1) Sungguh-sungguh dalam belajar, (2) menyelesaikan tugas, (3) Berpartisipasi dalam pembelajaran, (4) Kreativitas. Sikap belajar siswa selama pembelajaran online adalah kategori netral dengan jumlah frekuensi sebesar 15 responden dan persentasenya 50%. Hal ini menunjukkan baik pembelajaran secara offline dan online tidak mempengaruhi dengan sikap belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

References

Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Konstruksi pengembangan pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Habayahan, A. R., Ritonga, M. N., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Sikap Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Tingkat Sma Di Kecamatan Barus. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 107–114. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2240

Mansur. (2015). Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, N.. Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 3(2). http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i2.1652

Murti, W., & Anas, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 8(2), 80-94. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16119

Murti, W., & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes. Lentera Pendidikan: rnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 255-263. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/603

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Slameto, B. (2003). Faktor-faktor yang Mempengaruhinya edisirevisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematikaal, 3(2), 40–54. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.3464

Syam, A. S., Ismail, W., & Ali, A. (2021). Media Augmented Reality Dan Power Point Serta Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Pendidikan Biologi, 4(2), 95–108. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/1058

Wegasari, K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SDN Cabean 3 Demak. Jurnal Penelitian, 15(1), 27. https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.9109

Widiyanti., Adiarakasiwi, G.A., &Haerudin. (2021). Analisis Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi P. Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(2), 115–128. https://doi.org/10.25139/smj.v9i2.3403

Windiyani, T., & Suchyadi, Y. (2020). Hubungan Antara Sikap Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Etika Profesi. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 52–55. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2018

Published
2022-03-25
How to Cite
Arif, W., Azis, P., Syahriani, S., Syamsul, S., Anisa, A., & Saparuddin, S. (2022). ANALISIS SIKAP BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SECARA ONLINE. Binomial, 5(1), 25-33. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1222